Penemuan Makhluk Bertanduk Mengerikan di Laut Kanada

Penemuan Makhluk Bertanduk Mengerikan di Laut Kanada

Naviri Magazine - Ikan-ikan yang hidup di perairan dalam umumnya memiliki wujud yang jauh berbeda dengan ikan-ikan yang hidup di perairan dangkal. Kita mungkin sudah biasa menyaksikan ikan-ikan yang hidup di perairan dangkal, dan bentuk mereka beragam, sebagian bahkan indah dengan warna-warni menarik.

Namun, ikan-ikan yang hidup di perairan dalam rata-rata memiliki wujud yang tak bisa dibilang menarik, karena justru tampak aneh dan mengerikan. Salah satunya adalah sesosok makhluk bertanduk mengerikan yang ternyata juga ikan, yang ditemukan di laut di wilayah Kanada.

Seekor ikan dengan tanduk gelatin abu-abu yang disebut 'Rhinochimaeridae', atau biasa dikenal sebagai 'chimaera berhidung panjang', ditemukan dan disimpan oleh Canadian University.

Ikan jenis ini benar-benar langka, dan hanya satu spesies yang sama, yang berhasil didokumentasikan sebelumnya, yaitu yang ditemukan di Selat Hudson.

"Ikan ini diyakini telah ada di lautan selama lebih dari 350 juta tahun," ungkap Nigel Hussey, seorang peneliti dari Ocean Tracking Network.

Ikan langka dengan bentuk mirip monster berhidung panjang itu dilaporkan biasa hidup di perairan dalam, di bawah 1.000 hingga 2.000 meter, dan sangat sulit untuk dijumpai apalagi ditangkap.

Jenis chimaera berhidung panjang itu sebenarnya masih memiliki hubungan dekat dengan hiu dan ikan pari. Hal ini membuat ikan tersebut memiliki ekor seperti cambuk yang beracun.

Panjang ikan ini bisa mencapai 1 meter, dan memiliki gigi tajam, serta kulit yang dipenuhi saraf sensorik, yang membantu ikan ini menemukan makanan di perairan dalam.

Dengan ditemukannya ikan ini, tidak menutup kemungkinan masih banyak biota laut dengan wujud aneh yang masih belum terindentifikasi sampai saat ini.

Baca juga: Summer Breeze, Kuda dengan Ekor Terpanjang di Dunia

Related

Science 2717824603442313134

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item