Mozaik Sejarah Dunia: Penandatanganan Deklarasi Sinn Fein

 Mozaik Sejarah Dunia: Penandatanganan Deklarasi Sinn Fein

Naviri Magazine - Sinn Fein adalah organisasi yang merupakan sayap politik dari tentara Republik Irlandia. Tujuan dideklarasikannya organisasi itu untuk memfasilitasi perjuangan warga Kepulauan Irlandia yang menginginkan kemerdekaan dari Inggris. Semula, organisasi yang dipimpin Arthur Griffith ini melakukan berbagai operasi anti-Inggris.

Setelah melakukan berbagai tindakan perlawanan secara simultan, Sinn Fein akhirnya berhasil menjadikan warga Irlandia Selatan meraih kemerdekaan pada tahun 1921.

Kemudian, mereka meneruskan perjuangan diplomatiknya untuk mempersatukan kawasan Irlandia Utara dan Selatan, yang waktu itu masih dikuasai Inggris.

Selama dua tahun terjadi perundingan alot antara Sinn Fein dengan pemerintah Inggris, hingga akhirnya para pendukung Sinn Fein menandatangani perjanjian damai dengan para pejabat Inggris, pada 13 Juni 1906. Di dalam perjanjian tersebut, disepakati berdirinya negara Irlandia Utara yang berstatus otonom.

Baca juga: Kisah Pahlawan Tak Dikenal dari Perang Dunia II

Related

History 7190277502517992300

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item