Cara Unik Kuda Laut Saat Berkembang Biak

Cara Unik Kuda Laut Saat Berkembang Biak

Naviri Magazine - Kuda laut adalah sedikit hewan yang memiliki kebiasaan menakjubkan dalam beregenerasi atau berkembang biak. Ketika kuda laut betina telah bertelur, ia akan meletakkan telur-telur itu di dalam sebuah kantung kecil yang terletak di dalam perut kuda laut jantan.

Kuda laut jantan memiliki kantung perut yang besar, dan memiliki pembuka seperti celah di bagian dasar perutnya. Kuda laut betina akan meletakkan telur-telurnya ke dalam kantung perut itu, dan kuda laut jantan akan membuahi telur tersebut.

Lapisan dalam kantung perut itu seperti spons dan dipenuhi pembuluh darah, yang berfungsi untuk memberi makan telur atau embrio.

Embrio akan berkembang selama 10 hari sampai 6 minggu, tergantung pada spesies dan kondisi air. Jika sudah waktunya ‘melahirkan’, sang jantan akan memompa ekornya sampai bayi kuda laut keluar. Bayi-bayi kuda laut akan keluar dengan bentuk yang sangat kecil.

Selain untuk mengandung, kantong kuda laut jantan juga berfungsi untuk mengatur kadar garam, agar sesuai dengan lingkungan luar saat telur menetas.

Baca juga: Mengapa Cumi-cumi Berenang Mundur?

Related

Science 2283748256201396997

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item