Penyebab Helm Berbau Tidak Sedap, dan Cara Mengatasinya

 Penyebab Helm Berbau Tidak Sedap, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi
Naviri Magazine - Karena salah perawatan, helm bisa memunculkan bau apek atau tidak sedap. Ketika hal semacam itu terjadi, kita pun jadi tidak nyaman menggunakannya. Biasanya, helm memunculkan bau tak sedap jika dalam kondisi basah. Entah karena kehujanan, entah pula karena keringat di rambut. Kondisi basah itulah yang lama-lama memunculkan bau tak sedap pada helm.

Sederhananya, sangat kecil kemungkinan bila helm yang dalam keadaan kering dapat menimbulkan bau tak sedap. Biasanya, bau apek akan datang akibat kondisi lembap pada bagian dalam helm, yang muncul akibat keringat atau air yang menyerap di bagian dalam.

Terkait hal itu, berikut ini adalah tips mengatasi helm yang memunculkan bau tak sedap, serta menghindarinya.

Dibiarkan basah saat menyimpan

Saat helm sudah selesai digunakan dan hendak disimpan, namun kondisinya basah (baik akibat kehujanan ataupun keringat), segera keringkan dan jangan dibiarkan basah saat menyimpannya.

Bagaimana, helmnya harus dalam keadaan kering saat disimpan. Kalau akibat keringat, paling tidak setelah digunakan, diangin-anginkan dulu kira-kira 30 menit. Kalau kehujanan, harus di jemur. Intinya, pastikan kering sebelum disimpan

Salah posisi dalam menyimpan

Terutama dalam keadaan basah, jangan asal meletakkan helm di lantai atau di manapun, sebaiknya posisikan secara terbalik. Karena kalau hanya digeletakkan setelah digunakan dan tidak dibalik, helm akan lembap, yang akhirnya mengundang bau.

Meletakkan helm dengan posisi terbalik dalam kondisi basah akan membuat busa-busa yang mengempis akibat air bisa kembali mengembang, karena adanya udara yang masuk.

Menutup kaca helm saat menyimpan

Poin ini sering kali diabaikan pemotor. Sebagai peranti yang digunakan hampir setiap hari, ada baiknya memperhatikan cara penyimpanannya, agar helm jauh dari aroma yang tidak sedap.

Setelah helm tidak digunakan, sangat dianjurkan untuk menyimpan helm dalam keadaan kaca terbuka. Hal ini dapat menjaga sirkulasi udara di bagian dalam helm yang menjadi sasaran bau tidak sedap.

Selain itu, sesekali juga bisa menyemprotkan freshner atau wewangian, untuk menjaga aroma helm tetap oke dan nyaman digunakan.

Baca juga: Agar Tidak Celaka, Ini Kiat-kiat Aman Saat Membonceng Motor

Related

Tips 9179256481179701254

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item