Karena Habitat Rusak, Penyu Hijau Kini Terancam Punah

Karena Habitat Rusak, Penyu Hijau Kini Terancam Punah

Naviri Magazine - Ada beberapa penyebab yang menjadikan penyu hijau terancam punah. Penyu betina mampu menghasilkan ratusan telur dalam sekali bertelur. Namun, dari banyaknya telur yang dihasilkan tersebut, hanya belasan telur yang akan menetas dan tumbuh dewasa. Kepiting, burung, dan tikus pantai, kerap memangsa telur-telur penyu.

Kemudian, begitu anak-anak penyu menetas dan mulai memasuki perairan, ikan-ikan besar telah siap menjadi pemangsa mereka.

Predator alami penyu menjadikan hewan itu semakin langka. Namun, penyebabnya bukan cuma itu.

Ancaman kepunahan penyu juga datang dari pembangunan tak terkendali di wilayah pantai yang menyebabkan rusaknya tempat-tempat yang biasa dijadikan penyu hijau untuk bertelur. Kerusakan terumbu karang juga menyulitkan mereka mencari makan.

Selain itu, penyu juga sering diburu untuk bahan makanan atau diawetkan menjadi cinderamata. Terakhir, banyak penyu yang sering ikut terjaring kapal penagkap ikan tanpa sengaja, sehingga mati sia-sia.

Baca juga: Laba-laba Jantan Mati Setelah Kawin, Lalu Dimakan Si Betina

Related

Science 3785593358358925503

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item