Ikan Drakula, Spesies Mengerikan di Sungai Burma

Ikan Drakula, Spesies Mengerikan di Sungai Burma

Naviri Magazine - Ikan drakula adalah ikan spesies baru yang ditemukan di sungai di bagian utara Burma. Ikan itu berukuran sekitar 1,7 sentimeter, memiliki gigi-geligi, dan di bagian depan mulutnya terdapat sepasang gigi memanjang mirip taring vampir atau drakula. Karena itulah para ilmuwan menamainya Danionella dracula.

Penemuan ikan itu dianggap sebagai salah satu penemuan hewan bertulang belakang yang paling luar biasa dalam beberapa dekade terakhir.

Ikan drakula merupakan bagian dari kelompok ikan yang disebut cypriniform, yang merupakan kelompok dekat ikan zebra.

Namun, ikan ini sangat unik, karena di antara 3.700 spesies dalam kelompok ini tidak ada yang memiliki taring. Sementara taring yang terdapat pada ikan drakula diketahui bukan untuk memburu mangsa, melainkan untuk bertarung dengan sesamanya.

Bagaimana dengan piranha?

Piranha adalah ikan yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Ikan ini terkenal karena keganasan dan kerakusannya.

Dengan gigi-giginya yang sangat runcing dan tajam, piranha bisa dikatakan dapat memangsa dan menyantap apa pun yang ada di dekatnya. Empat dari 12 atau lebih spesies piranha dianggap berbahaya. Spesiesnya yang terbesar, Pygoxcentrus piraya, memiliki panjang 60 sentimeter.

Baca juga: Karena Habitat Rusak, Penyu Hijau Kini Terancam Punah

Related

Science 328201975055584668

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item