Retrogade Motion, Fenomena Saat Planet Terbalik

Retrogade Motion, Fenomena Saat Planet Terbalik

Naviri Magazine - Kita yang tinggal di Planet Bumi tentu tahu bahwa matahari terbit di timur, dan tenggelam di barat. Hal itu terjadi karena Bumi berputar pada porosnya. Namun, kita juga diberitahu bahwa kelak, saat kiamat datang, hal itu akan terbalik. Matahari tidak lagi terbit dari timur, tapi dari barat. Artinya, matahari juga tak lagi tenggelam di barat, tapi di timur. Mungkinkah hal semacam itu benar-benar akan terjadi?

Jawabannya mungkin saja, karena nyatanya ilmu astronomi juga mengenal dan membenarkan adanya peristiwa semacam itu.

Para astronom, misalnya, menyatakan bahwa kecepatan Planet Mars dalam lintasan orbitnya kini telah berkurang terhadap orbit Timur, hingga ke tingkat yang meragukan geraknya antara timur dan barat.

Diperkirakan, pergerakan planet akan berhenti bergerak dari arah timur. Kemudian, planet Mars akan mengubah pergerakan orbitnya ke arah berlawanan (yang semula dari timur ke barat, menjadi dari barat ke timur) dan hal itu berarti bahwa matahari akan terbit dari bagian barat Mars.

Fenomena yang aneh ini (pergerakan ke arah yang berlawanan) disebut Retrogade Motion. Para pakar astronomi menyatakan bahwa semua planet di alam semesta akan mengalami hal yang sama, setidaknya sebanyak satu kali, dan Planet Bumi kita pun termasuk di dalamnya. Planet Bumi akan bergerak ke arah yang berlawanan, dan suatu ketika kelak matahari akan terbit dari barat.

Baca juga: Apakah Matahari Berotasi Sebagaimana Bumi?

Related

Science 7372019412374076104

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item