Waveland, Negara Aneh yang Tidak Ada Wujudnya

Waveland, Negara Aneh yang Tidak Ada Wujudnya

Naviri Magazine - Waveland adalah negara yang didirikan kelompok pecinta alam, Greenpeace. Bisa dibilang, Waveland sebenarnya tidak ada. Meski begitu, negara tersebut secara geografis selalu dikaitkan dengan Pulau Rockall, secuil kawasan batu terjal tak berpenghuni, yang terletak tidak jauh dari Inggris.

Kepemilikan pulau itu diperebutkan oleh Inggris, Islandia, Irlandia, dan Denmark.

Pada 1997, Greenpeace melakukan aksi protes terhadap penambangan minyak di area tersebut, yang lalu berujung pada penguasaan dan deklarasi didirikannya sebuah negara baru bernama Waveland. Negara itu menawarkan kewarganegaraan kepada siapa pun yang bersedia mengucapkan sumpah setia untuk menjadi rakyat Waveland.

Pemerintah Inggris tidak terlalu mempedulikan aksi yang dilakukan Greenpeace atas berdirinya “negara” itu. Bagaimana pun, Inggris menganggap Pulau Rockall (tempat berdirinya Waveland) sebagai wilayah miliknya.

Sementara Greenpeace adalah organisasi yang memiliki izin dan bebas beroperasi di Inggris. Jadi, aktivitas yang dilakukan Greenpeace itu pun dianggap tidak masalah.

Lebih dari itu, yang ada di negara Waveland atau Pulau Rockall hanyalah perangkat lampu suar dengan panel listrik tenaga surya, yang ditujukan untuk memandu kapal laut yang melewati wilayah tersebut.


Related

World's Fact 4050819635203480280

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item