Westarctica, Negara Aneh yang Tidak Punya Penduduk

Westarctica, Negara Aneh yang Tidak Punya Penduduk

Naviri Magazine - Westarctica atau Negara Antartika Barat memiliki nama lengkap Grand Duchy of Westarctica. Negara aneh itu didirikan pada 2001 oleh seorang warga Amerika, bernama Travis McHendy.

Wilayah Antartika sebelah barat memang belum diklaim oleh pihak mana pun, karena adanya traktat yang mengatur perjanjian mengenai bagaimana komunitas internasional memperlakukan Antartika. Inti traktat itu adalah melarang negara mana pun mengklaim wilayah barat Antartika.

Namun, isi traktat itu tidak mengatur larangan bagi orang per orang atau individu. Travis McHendy melihat celah itu, dan memanfaatkan “kelemahan” traktat tersebut dengan mengklaim wilayah Antartika barat sebagai miliknya, dan mendirikan negara di sana.

Meski telah menjadi “negara”, namun kenyataannya tidak ada orang yang menghuninya, walaupun luas negara itu mencapai 1.610.000 kilometer persegi.

Antartika memang tidak memiliki populasi manusia pribumi, begitu pula dengan Antartika barat. Hanya ada beberapa fasilitas penelitian yang dibangun di sana oleh beberapa negara.

Sebagai “negara baru”, Westartica memiliki perangko dan mata uang koin sendiri, meski hanya ditujukan untuk souvenir.

Pada 2005, Travis McHendy mencoba menganeksasi Pulau Balleny dan Pulau Peter I untuk memperluas wilayah Westarctica, tapi sepertinya tidak ada yang menganggap hal itu serius, karena masing-masing pulau itu sudah menjadi milik Selandia Baru dan Norwegia.

Baca juga: Kepangeranan Sungai Hutt, Kisah Negara Dalam Negara

Related

World's Fact 1712448502043568622

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item