Kepangeranan Sungai Hutt, Kisah Negara Dalam Negara

Kepangeranan Sungai Hutt, Kisah Negara Dalam Negara

Naviri Magazine - Pernah mendengar negara bernama Kepangeranan Sungai Hutt? Ini adalah kisah unik terkait negara dalam negara Australia.

Asal usul negara kecil ini dimulai oleh Leonard Casley pada tahun 1970, ketika di sana ada lima keluarga yang memiliki perkebunan gandum seluas 75 kilometer persegi di area Sungai Hutt, dan berujung pada perselisihan hukum dengan pemerintah Australia, terkait masalah kuota penanaman gandum.

Pemerintah Australia waktu itu memberlakukan peraturan mengenai penjualan gandum. Sementara itu, Leonard Casley dan keluarga-keluarga lain di sana telah bertahun-tahun memproduksi gandum melalui ladang-ladangnya, jauh sebelum pemerintah Australia memberlakukan hukumnya.

Karenanya, Leonard Casley dan keluarga lain tetap menjual gandum dengan caranya sendiri, dengan jumlah yang biasa mereka produksi. Kenyataannya, jumlah produksi gandum Leonard Casley seribu kali lebih banyak dibandingkan yang diatur oleh pemerintah Australia.

Kenyataan itulah yang lalu memunculkan perselisihan hukum antara Leonard Casley dan keluarga lain di sekitar Sungai Hutt, dengan pemerintah Australia.

Akhirnya, pemerintah Australia mengambil jalan tengah, dengan menjadikan wilayah Sungai Hutt yang ditinggali Leonard Casley sebagai provinsi, sehingga kuota gandum yang mereka produksi tidak menyalahi aturan. Sementara Leonard Casley dikukuhkan sebagai Administratur Provinsi Sungai Hutt, suatu jabatan yang disahkan oleh hukum Australia.

Beberapa waktu kemudian, Leonard Casley mengubah jabatannya, dan menggantinya dengan sebutan Yang Mulia Pangeran Leonard I.

Ia menyebut dirinya anggota keluarga kerajaan untuk mengambil keuntungan dari hukum lama Australia, yang menyatakan bahwa siapa pun yang mengganggu keluarga kerajaan dianggap sebagai pengkhianatan, dan menggunakan hal itu sebagai pembenaran baginya untuk memisahkan diri dari Australia.

Hasilnya kemudian, Leonard Casley mendirikan negara sendiri yang ia sebut Kepangeranan Sungat Hutt atau The Principality of Hutt River. Warga negara itu hanya berjumlah 20 orang.

Baca juga: Aneh tapi Nyata, Inilah Negara Paling Luas di Alam Semesta

Related

World's Fact 8242055438993091421

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item