Wow, Ada 160 Miliar Planet di Galaksi Bimasakti

Wow, Ada 160 Miliar Planet di Galaksi Bimasakti

Naviri Magazine - Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi, yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu kosmik medium antarbintang, dan kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal sebagai materi gelap.

Pada saat ini, berdasarkan pengamatan, diperkirakan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi di alam semesta. Sebagian besar galaksi berdiameter 1.000 hingga 100.000 parsec, dan biasanya dipisahkan oleh jarak yang dihitung dalam jutaan parsec (atau megaparsec).

Ruang antar galaksi terisi oleh gas yang memiliki kerapatan massa kurang dari satu atom per meter kubik.

Berapa jumlah planet di Galaksi Bimasakti?

Berdasarkan studi terbaru, galaksi Bimasakti memiliki lebih banyak planet daripada bintang. Jumlah planet dalam galaksi Bimasakti diperkirakan mencapai 160 miliar, sedangkan jumlah bintang mencapai 100 miliar. Studi itu dilakukan oleh Arnaud Cassan dari Paris Institute of Astrophysics.

Berdasarkan riset, peneliti menemukan bahwa 1/6 bagian Bimasakti dihuni oleh planet seukuran Jupiter, 1/2 bagian diisi planet seukuran Neptunus, dan 2/3 bagian lain diisi oleh Super-Earth (1-10 kali massa Bumi). Itu pun hanya yang ada pada jarak yang sudah terdeteksi.

Baca juga: Kisah Penemuan Pertama Kali Galaksi Bimasakti 

Related

Science 8767064352126283583

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item