Bagi Calon Youtuber, Begini Cara Mendapatkan Uang Lewat YouTube

Bagi Calon Youtuber, Begini Cara Mendapatkan Uang Lewat YouTube

Naviri Magazine - Youtuber adalah sebutan untuk orang yang berkreasi menciptakan konten berupa video, dan menguggahnya ke situs YouTube. Dari video-video yang diunggah tersebut, Youtuber bisa menghasilkan uang melalui iklan atau pun kerjasama. Semakin terkenal kanal YouTube yang dimiliki, semakin besar pula peluang untuk menghasilkan uang.

Kenyataannya, YouTube memang telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu mesin uang bagi sejumlah orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, banyak yang menggunakan YouTube untuk mendapatkan uang.

Salah satu Youtuber terkenal adalah Daniel Middleton atau DanTDM, yang penghasilannya mencapai US$ 16,5 juta atau Rp 225,11 miliar pada 2017 lalu.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube? Laman Daily Star pernah menuliskan tahapan demi tahapan secara sederhana.

Pertama, tahap awal adalah mendapatkan dan meningkatkan viewer dan subscriber. Tercatat ada 5 miliar video yang dilihat setiap hari oleh 300 juta pengujung YouTube.

Untuk meraih target itu, perlu konten yang menarik dan mengunggahnya secara teratur. Apabila memiliki banyak pengunjung, maka iklan akan segera datang.

Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan. Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kedua, biaya per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setengah dari durasi iklan.

Semua itu pun ada tahapan yang harus dilalui. Iklan akan datang ke YouTube jika kita mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah, atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view.

Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. Kalau kita punya satu juta view, maka akan mendapatkan US$1.500 (Rp 20,47 juta). Prinsipnya, semakin banyak view semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

Dalam perjalanan, Youtuber bisa menambah pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama dengan perusahaan secara mandiri. Mereka juga bisa memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di kanalnya.

Meski begitu, tidak semua konten akan menghasilkan uang. Youtuber memang berpotensi mendapatkan 67% pendapatan iklan. Namun, yang terealisasi hanya 15%, dan itu yang menjadi pendapatan iklan, karena banyak pengunjung yang melewatkan iklan yang ada di konten.

Cara lain dengan membuat video yang mempromosikan produk atau perusahaan, atau endorse. Nominal pendapatan bergantung kepada jumlah pengunjung. Biasanya, tarif yang dikenakan US$10.000 per 100 ribu view.

Untuk mendapatkan pendapatan ini, Youtuber pemula perlu membuat video yang berdurasi pendek, mudah diingat, dan original. Selain itu, perlu memanfaatkan media sosial lainnya untuk menyebarkan konten, dan berinteraksi dengan penikmat kanal YouTube.

Baca juga: Kisah Sukses Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Miliaran 

Related

Internet 39183756416836939

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item