Cara Unik Rayap Dalam Mempertahankan Diri

Cara Unik Rayap Dalam Mempertahankan Diri

Naviri Magazine - Sebagian besar spesies rayap memiliki prajurit yang mempunyai senjata besar di kepala dan rahang penggigit untuk melawan musuh, khususnya semut. Spesies lain memiliki prajurit dengan moncong khusus yang dapat menyemprotkan cairan lengket ke arah musuh.

Rayap prajurit tersebut jauh lebih kuat dibanding rayap pekerja, dan mereka memang diciptakan hanya untuk bertarung dan mempertahankan diri serta melindungi rayap pekerja.

Meski kuat, rayap prajurit tidak bisa mencari makanan untuk diri sendiri, dan bergantung pada rayap pekerja yang menyediakan makanan bagi mereka.

Ada pula spesies rayap yang tidak memiliki rayap prajurit. Ketika musuh—semisal semut—menyerang koloni mereka, maka para rayap pekerja akan mempertahankan sarang mereka dengan cara meledakkan pencernaan mereka, melontarkan isi yang lengket ke arah musuh, dan bersamaan dengan itu mereka membunuh diri sendiri.


Related

Science 8855519749429763688

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item