Semut Peluru, Semut dengan Sengatan Paling Mematikan

Semut Peluru, Semut dengan Sengatan Paling Mematikan

Naviri Magazine - Semut peluru (Paraponera clavata) adalah spesies semut yang tinggal di hutan tropis, dari Nikaragua sampai Paraguay. Semut itu berukuran luar biasa, panjangnya mencapai 2 sentimeter, dan mereka biasa tinggal di pepohonan.

Semut itu terkenal agresif, karena akan menyerang siapa pun yang dianggap mengganggunya. Yang unik, semut itu akan mengeluarkan suara desisan sebagai semacam peringatan. Di dunia semut, hanya semut peluru yang mampu mendesis.

Disebut semut peluru, karena semut itu memiliki sengatan yang luar biasa menyakitkan. Dikombinasikan suara mendesis yang aneh, semut itu pun menjadi salah satu “monster” dalam dunia serangga.

Apa perbedaan semut dengan rayap?

Tidak banyak perbedaan antara kedua serangga tersebut. Semut suka memakan hewan lain, sementara rayap lebih memilih mengkonsumsi tumbuhan. Meski kadang rayap disebut “semut putih”, namun mereka lebih mirip kecoa dibanding semut.

Rayap telah ada sejak jutaan tahun yang lalu, dan mereka adalah pendaur ulang yang hebat atas sisa-sisa tumbuhan.

Baca juga: Perbedaan Mimikri dan Kamuflase di Dunia Hewan

Related

Science 1254480474950464189

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item