Cheetah, Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat di Dunia

Cheetah, Hewan dengan Kemampuan Lari Tercepat di Dunia

Naviri Magazine - Cheetah hidup di daerah dataran yang luas, dengan jumlah mangsa atau makanan yang berlimpah. Hewan ini dapat hidup di berbagai habitat, seperti padang rumput, savana, daerah yang memiliki banyak pepohonan, serta wilayah pegunungan. Bahkan, di Namibia, sekitar 95 persen cheetah hidup di lahan pertanian.

Cheetah merupakan mamalia tercepat di dunia. Kakinya yang panjang dan ramping, ditunjang tubuhnya yang berotot, membantunya berlari sangat cepat. Selain itu, ekornya yang panjang berfungsi menyeimbangkan tubuhnya ketika berlari.

Cheetah dapat berlari lebih cepat dibanding hewan darat mana pun. Ia mampu berlari sejauh 100 kilometer per jam, meski hanya untuk waktu yang singkat. Artinya, dia tidak bisa terus-menerus berlari dengan kecepatan itu.

Apa makanan cheetah?

Cheetah termasuk kelompok kucing besar, dan kucing besar termasuk hewan karnivora. Cheetah memangsa berbagai spesies, di antaranya kelinci, terwelu, antelop kecil, hingga antelop besar yang masih muda. Untuk menangkap mangsanya, cheetah mengandalkan kecepatannya dalam berlari.

Ketika melihat mangsa, cheetah akan mengendap mendekatinya. Kemudian, pada jarak sekitar seratus meter, cheetah akan berlari dengan sangat cepat, menyergap si mangsa. Hampir bisa dikatakan si mangsa tak bisa menyelamatkan diri, dan cheetah pun mendapatkan makanannya.

Selain mengandalkan kemampuan larinya yang cepat, cheetah juga mengandalkan penglihatan dalam berburu mangsa, sehingga hewan ini pun lebih sering aktif di siang hari yang terang.

Baca juga: Perbedaan Anoa Dataran Rendah dan Anoa Pegunungan

Related

Science 5834400953379684008

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item