Perbedaan Anoa Dataran Rendah dan Anoa Pegunungan

Perbedaan Anoa Dataran Rendah dan Anoa Pegunungan

Naviri Magazine - Ada dua jenis anoa, yaitu anoa dataran rendah dan anoa pegunungan. Secara fisik, keduanya hampir sama, bertubuh cokelat atau hitam, berbobot sekitar 150 sampai 300 kilogram, dengan panjang tubuh antara 160 sampai 170 sentimeter, dan tingginya sekitar 1 meter. Mereka memiliki tanduk berbentuk kerucut.

Perbedaan antara anoa dataran rendah dan anoa pegunungan terletak pada warna kaki dan panjang ekornya. Anoa dataran rendah memiliki bercak-bercak putih dan kuning di sepanjang kaki depannya, sementara kaki anoa pegunungan berwarna cokelat. Kemudian, ekor anoa dataran rendah lebih panjang dibanding ekor anoa pegunungan.

Bagaimana gaya hidup anoa?

Anoa menyukai genangan air dan lumpur, terutama mata air atau tetesan air yang mengandung mineral, selain kadang juga meminum air laut. Mereka biasa mencari makan pada pagi hari dengan memakan rumput, pakis, buah-buahan, daun palem, serta tanaman air. Saat hari mulai panas, mereka akan beristirahat dan berteduh di bawah pohon.

Umumnya, anoa lebih suka hidup sendirian, dan jarang berkelompok, kecuali ketika sedang memiliki anak. Pada waktu memiliki anak, induk jantan dan betina akan mengasuh anak mereka bersama-sama. Anoa betina melahirkan satu kali dalam setahun.

Baca juga: Penyebab Gajah Sumatera Semakin Langka

Related

Science 274340863246203384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item