Tak Langsung Cantik, Ini Efek Samping Operasi Facelift

Tak Langsung Cantik, Ini Efek Samping Operasi Facelift

Naviri Magazine - Banyak orang, khususnya wanita, yang ingin selalu memiliki kulit wajah kencang, seperti saat masih muda. Sayangnya, pertambahan usia menjadikan kulit ikut menua, dan salah satu tandanya adalah kulit wajah yang mengendur. Sebagian wanita merasa perlu memperbaiki kondisi itu, dan memilih cara operasi facelift untuk kembali mengencangkan kulit wajah.

Facelift dilakukan oleh ahli bedah plastik dengan mengembalikan posisi otot, kulit, dan lemak, seperti saat muda. Operasi ini ampuh untuk mengencangkan kulit di sekitar rahang bawah, di bawah dagu, maupun di leher.

Namun, para pelaku facelift semestinya mengetahui lebih dulu bahwa kulit kencang impian tidak akan didapatkan segera setelah operasi selesai. Ada kalanya, setelah melakukan prosedur, wajah malah akan menjadi bengkak. Ya, mirip seperti orang yang habis dipukuli.

Menurut Face Experts, wajah bengkak sehabis melakukan facelift dapat terjadi, karena prosedur ini mengganggu pembuluh limfatik pasien, sehingga menyebabkan penumpukan cairan. Hasilnya, untuk sementara waktu, wajah akan kemerahan dan panas.

Wajah bengkak ini butuh waktu agar dapat sembuh sepenuhnya. Setelah pembuluh limfatik berfungsi normal, wajah pun akan sembuh.

Sekitar 60 persen bengkak pada wajah dapat sembuh beberapa minggu setelah operasi. Sisanya, pembengkakan akan hilang secara bertahap dalam waktu tiga bulan, enam bulan, hingga setahun penuh, agar pembengkakan hilang 100 persen.

Meski membutuhkan waktu, Face Experts menuturkan bahwa setelah tiga bulan, pembengkakan biasanya tidak akan terlalu terlihat. Jadi setelah tiga bulan, pasien tidak perlu takut wajahnya masih terlihat lebam-lebam.

Karena itu, bagi yang tertarik untuk melakukan facelift, sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter, dan tanyakan mengenai kemungkinan pembengkakan pada wajah. Sebelum operasi dilakukan pasien biasanya akan diperiksa tekanan darahnya, kondisi kesehatan, makanan, alergi, dan kondisi kulit.

Setelah operasi, wajah biasanya akan dipasangi compression garment, semacam perban untuk mengurangi bengkak, selama beberapa hari setelah operasi. Selain itu, pasien juga diminta untuk mengurangi konsumsi garam untuk mencegah pembengkakan yang lebih parah.

Baca juga: Fakta-fakta Seputar Facelift (Operasi Plastik untuk Wajah)

Related

Beauty 840173076675976312
item