Fakta di Balik Kehebatan Bangsa Maya yang Misterius

Fakta di Balik Kehebatan Bangsa Maya yang Misterius

Naviri Magazine - Banyak orang pernah mendengar legenda dan budaya bangsa Maya. Selama ini, kesan sebagian besar orang terhadap bangsa Maya tidak terlepas dari suasana hutan belantara di benua Amerika.

Mendengar tentang bangsa Maya, yang terlintas dalam benak sebagian orang mungkin sekelompok orang Indian yang sekujur tubuhnya mengenakan pakaian bulu warna cemerlang, berputar mengelilingi lingkaran di bawah sinar rembulan, melaksanakan upacara misterius, dan di tengah-tengah mereka berdiri dukun sakti berilmu tinggi.

Memang benar, bangsa Maya tinggal di Amerika Tengah, yang kini merupakan bekas peninggalan sejarah yang misterius, berada di dalam hutan belantara yang terpencil dan sepi. Meski begitu, ada beberapa orang yang mengetahui, bahwa bangsa Maya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan bangsa Tiongkok dan Mongol di belahan bumi lain yang jauh.

Peninggalan batu raksasa dan karya seni bangsa Maya sangat hebat, jauh melebihi kehebatan teknologi masa kini. Marilah kita lepaskan prasangka dan persepsi yang telanjur tertanam, dan menyelami kembali bekas kehidupan serta tempat tinggal bangsa Maya, melihat bagaimana sebenarnya bangsa dan kebudayaan Maya.

Proses penemuan

Bangsa Spanyol masuk ke Amerika Selatan pada abad ke-16. Dengan status agresor, mereka menjajah daratan tersebut. Penduduk Amerika Tengah dan Selatan ketika itu hidup sebagai petani yang primitif, mereka sama sekali tidak berdaya menghadapi kapal dan meriam kuat bangsa Spanyol.

Dengan cepat, bangsa Spanyol menyebarkan agama mereka ke tempat tersebut. Dua orang misionaris, yang melihat kepercayaan takhayul dan ilmu sihir penduduk setempat, segera membakar tempat tersebut, dan mengakibatkan buku-buku yang tersimpan di sana semuanya terbakar musnah.

Tidak disangka bahwa buku-buku tersebut adalah buku kuno yang mencatat pusaka pengetahuan peninggalan kebudayaan bangsa Maya, yang telah lama menghilang. Di dalamnya tercatat secara terperinci tingkat ilmu pengetahuan dan budaya mereka yang sangat tinggi pada masa itu.

Mungkin demikianlah takdirnya. Dan kini, para ilmuwan yang menyelidiki kebudayaan Maya hanya bisa menggambarkan kehebatan budaya Maya saat itu secara tambal sulam, berdasarkan potongan naskah yang berhasil dikumpulkan. Akibatnya, bagaimana bangsa Maya bisa begitu hebat, masih misterius.

Baca juga: Tonggak-tonggak Penting Peradaban Manusia di Bumi

Related

Science 3296599158499857680

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item