Hal-hal yang Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Hal-hal yang Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Naviri Magazine - Penyakit datang pada siapa saja, karena nyatanya setiap orang memang memiliki risiko sendiri-sendiri terhadap suatu penyakit. Begitu pula dengan penyakit jantung. Sebagian orang memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dibanding sebagian yang lain.

Agar kita bisa lebih mawas diri dan mewaspadai penyakit jantung, ada baiknya kita memahami hal-hal apa saja yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Berikut ini daftarnya:

Memasuki usia 45 tahun bagi pria. Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka, dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung.

Bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi). Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung, setelah mengalami menopause.

Riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Riwayat serangan jantung di dalam keluarga sering merupakan akibat dari profil kolesterol yang tidak normal.

Diabetes. Kebanyakan penderita diabetes meninggal bukan karena meningkatnya level gula darah, namun karena kondisi komplikasi jantung mereka.

Merokok. Risiko penyakit jantung dari merokok setara dengan 100 pon kelebihan berat badan - jadi tidak mungkin menyamakan keduanya.

Tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kegemukan (obesitas). Obesitas tengah (perut buncit) adalah bentuk dari kegemukan. Walaupun semua orang gemuk cenderung memiliki risiko penyakit jantung, orang dengan obesitas tengah lebih-lebih lagi.

Gaya hidup buruk. Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu akar penyebab penyakit jantung - dan menggantinya dengan kegiatan fisik merupakan salah satu langkah paling radikal yang dapat diambil.

Stres. Banyak penelitian yang sudah menunjukkan, bila menghadapi situasi yang tegang, dapat terjadi arithmias jantung yang membahayakan jiwa.

Baca juga: Memahami Fungsi Jantung Manusia dan Cara Kerjanya

Related

Health 872311860566229298

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item