Aneh dan Membingungkan, Ikan Ini Punya Penis di Leher

 Aneh dan Membingungkan, Ikan Ini Punya Penis di Leher

Naviri Magazine - Ada ikan yang organ seks atau penisnya terdapat di bagian leher. Dalam bahasa Latin, ikan itu disebut Phallostethus Cuulongwas, dan dikelompokkan ke dalam keluarga ikan jenis Phallostethidae, yaitu sekelompok ikan kecil yang memiliki ciri organ vital yang berada di bawah leher mereka.

Para peneliti masih belum mengetahui bagaimana rangkaian evolusi yang menyebabkan posisi organ seks ikan itu bisa berada di posisi yang tidak umum.

Yang jelas, pada waktu membuahi pasangannya, ikan tersebut akan memasukkan penisnya ke dalam organ seks ikan betina, yang juga ada di bagian kepala. Ikan betina dari spesies itu kemudian menghasilkan telur, yang lalu dikeluarkan dari tubuh dan ditetaskan di luar.

Apa sih ikan pirarucu itu?

Pirarucu (Arapaima gigas), yang juga disebut arapaima atau paiche, adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan ini dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter, dengan berat 200 kilogram.

Saat ini sudah sangat jarang terdapat pirarucu yang berukuran lebih dari 2 meter, karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Baca juga: Mengapa Muncul Banyak Lalat Ketika Musim Panas?

Related

Science 7938455984447639745

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item