Kisah 5 Kebohongan yang Pernah Mencengangkan Dunia

Kisah 5 Kebohongan yang Pernah Mencengangkan Dunia

Naviri Magazine - Orang menciptakan kebohongan dengan berbagai alasan, dan motivasi serta tujuan tertentu. Khususnya lagi jika kebohongan yang dilakukan tergolong besar. Kenyataannya, beberapa kebohongan terkenal dalam sejarah memang kebohongan-kebohongan besar yang sempat mencengangkan dunia.

Beberapa kebohongan sengaja dibuat demi mendapat keuntungan pribadi, beberapa kebohongan lain sengaja dibuat untuk menciptakan kegemparan. Berikut ini adalah kisah lima kebohongan besar yang pernah mencengangkan dunia.

1. Protokol tetua Zion

Mungkin ini kebohongan tentang agama yang paling terkenal dan jahat dalam sejarah. “The Protokol of the Learned Elders of Zion” adalah sebuah buku yang seharusnya mengungkapkan rahasia konspirasi orang Yahudi untuk menguasai dunia.

Buku itu pertama kali muncul di Rusia pada 1905, dan meskipun telah dicap sebagai pemalsuan, buku itu masih terus dicetak dan tetap beredar. Banyak orang menudukung kebohongan tersebut, termasuk aktor Mel Gibson, Adolf Hitler, dan pemilik perusahaan mobil, Henry Ford, yang pada 1920 membiayai penerbitan setengah juta kopi buku itu.

2. Kain kafan dari Turin (Shroud of Turin) 

Meski banyak orang percaya bahwa Shroud of Turin Italia adalah kain kafan pemakaman Yesus, ada bukti menarik bahwa kain kafan tersebut adalah kebohongan, termasuk surat pada 1389 dari Uskup Prancis, Pierre d’Arccisto French Bishop Pierre d'Arcisto Pope Clement, yang menyatakan bahwa seorang pelukis mengaku bahwa dia menulis surat tersebut.

Memang, bukti dari uskup tersebut sangat meyakinkan, bahkan Pope Clement mengakui hal itu sebagai pemalsuan—salah satu peninggalan suci palsu yang tidak terhitung jumlahnya yang terus beredar saat itu.

Usia karbon yang terdapat pada shroud of Turin ternyata tidak sama dengan saat penguburan, tetapi dibuat 14 abad kemudian—tepatnya ketika seorang pemalsu mengaku membuat kain kafan itu. Bahkan yang lebih meragukan, tidak ada catatan keberadaan kain kafan tersebut sebelumnya.

Jika itu benar kain kafan penguburan Yesus, hal tersebut meragukan karena tidak ada satu orang pun yang mengetahui kain itu selama 1300 tahun. Meskipun masih banyak orang percaya keasliannya, bukti sejarah dan ilmiah menunjukkan Shroud of Turin mungkin sebuah kebohongan.

Seperti ditulis peneliti Joe Nickell dalam buku “Relics of the Jesus” (The University Press of Kentucky, 2007), kain kafan yang ditampilkan di Turin hanya salah satu dari lebih dari 40 kain kafan Yesus yang semua diklaim asli.

3. Raksasa Cardiff 

Ketika para petani sedang mencangkul di Cardiff, New York, mereka menemukan sebuah fosil pada 1869 yang dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Cardiff Giant, nama populer fosil itu, adalah figur yang nyata dengan dimensi seperti manusia—kecuali tingginya yang hampir 3 meter. Itu sangat unik, tapi figur tersebut menjadi perdebatan publik.

Sebagian orang percaya itu ukiran batu, tapi siapa yang akan membuat ukiran batu itu beberapa tahun lalu yang dikubur sangat dalam di bawah tanah? Sebagian orang lain, termasuk pastor lokal, yakin bahwa figur tersebut adalah bukti kebenaran harfiah dari ajaran kitab suci bahwa ada raksasa di bumi pada masa lalu.

Akhirnya, salah satu raksasa yang disebut di dalam kitab tersebut, ditemukan di lahan pertanian desa di New York! Belakangan terungkap bahwa raksasa itu hanyalah kebohongan yang dibuat seorang laki-laki bernama George Hull yang telah menanam batu ukiran, yang kemudian ditemukan para petani.

4. Permainan sulap guru India Sai Baba

Salah satu pemimpin spiritual paling berpengaruh di India, Satya Sai Baba, meninggal pada usia 84 tahun. Selama lebih dari lima dekade, guru kharismatik tersebut memesona dan membuat para pengikutnya tertegun dengan menunjukkan keajaiban kecil, termasuk membuat abu suci, jam tangan, patung, kalung dan cincin, yang terlihat keluar dari udara.

Namun, para penyelidik yang meragukan keajaiban tersebut, termasuk Basava Premanand dari Federation of Indian Rationist Associations, menuduh Sai Baba menggunakan trik-trik sulap, dan mengatakan semua benda kecil tersebut mudah disembunyikan di dalam tangan dan jubah dengan lengan yang panjang.

Setidaknya dalam satu kasus, Sai Baba terlihat dalam film yang dibuat penyelidik Professor Richard Wiseman yang secara rahasia menarik benda-benda kecil dari pengikutnya, sambil berpura-pura benda tersebut entah datang dari mana.

5. Penemuan bahtera Nabi Nuh

Usaha menemukan bukti sejarah dan arkeologi dari kejadian banjir Nabi Nuh sering dilakukan, dan sebagian mengklaim menemukan bahtera Nabi Nuh. Meskipun banyak orang mengatakan penemuan kapal tersebut adalah kebohongan, pada 1993 seorang pria membuat acara di CBS TV, berjudul “The Incredible Discovery of Noah's Ark”.

Acara tersebut menampilkan seorang pria bernama George Jammal, yang mengatakan telah menemukan kapal di pegunungan Turki. Sebagai bukti penemuan tersebut, dia dengan bangga menampilkan potongan kayu yang diklaim bagian kapal. Kayu tersebut faktanya cuma kayu pinus yang diasinkan dalam saus kecap, dan Jammal adalah aktor yang bahkan tidak pernah pergi ke Turki.

Baca juga: Pengakuan Rahasia Mengerikan Mantan Anggota Illuminati

Related

Insight 2969142433351382482

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item