Benarkah Lumba-lumba Punya Dukun Beranak?

Benarkah Lumba-lumba Punya Dukun Beranak?

Naviri Magazine - Benar, tapi dukunnya juga para lumba-lumba. Satu tahun setelah lumba-lumba betina kawin, mereka akan melahirkan bayi lumba-lumba. Dalam proses kelahiran bayi itu, para lumba-lumba betina yang telah berpengalaman melahirkan sebelumnya biasanya akan bertugas sebagai “dukun beranak” yang membantu kelahiran bayi tersebut.

Sebagian lumba-lumba betina itu ada yang membantu menopang tubuh si induk, ada pula yang membawa si bayi ke permukaan sehingga bayi lumba-lumba tersebut dapat bernapas.

Bagaimana cara lumba-lumba berburu mangsa?

Pada tubuh lumba-lumba terdapat sistem sonar, yang disebut ekolokasi, dan dengan bantuan sistem sonar itulah lumba-lumba berburu mangsa.

Pada waktu berenang, lumba-lumba menghasilkan aliran bunyi klik, dan gelombang bunyi yang berasal dari bunyi klik itu menyebar melalui air.

Ketika gelombang bunyi tersebut menabrak suatu objek, misalnya kawanan ikan, gelombang bunyi tersebut akan dipantulkan kembali, dan lumba-lumba dapat merasakan ukuran serta gerakan mangsanya dengan cara mendengarkan gema pantulan tersebut.

Baca juga: Ternyata, Paus Telah Hidup di Bumi Sejak 60 Juta Tahun Lalu

Related

Science 3399264156792592464

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item