Mengapa Matahari Berwarna Merah saat Terbit dan Terbenam?

Mengapa Matahari Berwarna Merah saat Terbit dan Terbenam?

Naviri Magazine - Pada waktu matahari terbit dan terbenam, sinar yang dipancarkan matahari melakukan perjalanan lebih panjang dibanding pada waktu lain, misalnya siang, karena jarak antara kita dan matahari di waktu terbit dan terbenam lebih jauh dibanding pada waktu siang.

Warna sinar yang mampu mencapai kita adalah warna yang memiliki gelombang sinar lebih panjang, yaitu merah. Karena itulah kemudian matahari terlihat berwarna merah pada waktu-waktu tersebut.

Di mana kita bisa melihat matahari di tengah malam?

Di daerah yang hampir mendekati kutub utara dan selatan, Matahari tidak terbenam selama beberapa bulan pada musim panas.

Di Finlandia, misalnya, waktu siangnya 24 jam setiap hari. Hal itu terjadi karena kecondongan Bumi. Tempat seperti itu disebut kawasan Matahari tengah malam. Ketika satu kutub mengalami waktu siang sepanjang hari, kutub yang satu lagi gelap di pertengahan musim dingin, karena Matahari tidak terbit langsung.

Baca juga: Pesawat-pesawat yang Pernah Mendekati Matahari 

Related

Science 1345345889150196627

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item