Makhluk-makhluk Mitologi Arab Paling Seram dan Mengerikan

Makhluk-makhluk Mitologi Arab Paling Seram dan Mengerikan

Naviri Magazine - Setiap bangsa memiliki legenda dan mitologi sendiri-sendiri, termasuk bangsa Arab. Selama ini, kita mungkin sudah akrab dengan mitologi Yunani, hingga familier dengan makhluk-makhluk aneh semisal Cerberus, Phoenix, Cimaera, Centaur, dan sebagainya.

Tak jauh beda dengan Yunani, Arab juga memiliki makhluk-makhluk mitologi semacam itu, dan tak kalah unik, bahkan tak kalah menyeramkan. Salah satunya adalah Marid.

Makhluk itu berbentuk manusia kekar, yang asalnya dari bangsa jin. Marid sangat kuat, bahkan bisa membunuh manusia dengan mudah. Ia juga dikenal sebagai jin yang paling sombong setelah Iblis, dan konon bisa mengabulkan permintaan manusia dengan ritual-ritual khusus.

Selain Marid, berikut ini adalah makhluk-makhluk mitologi Arab lain yang dianggap paling seram dan mengerikan.

Karkadann

Karkadann bisa dibilang makhluk kombinasi antara badak dan kuda, dengan tanduk meruncing yang sangat panjang di kepalanya.

Makhluk ini dikatakan sebagai pembantai tapi juga penyelamat. Dengan berbekal tubuh yang kekar serta tanduk tajam di bagian kepalanya, Karkadann bisa jadi makhluk yang sangat merusak.

Meski begitu, konon ketika seseorang berhasil mematahkan tanduknya dan menjadikan sebagai cangkir minum, maka air yang tertuang di dalam tanduk tersebut bisa menjadi obat untuk segala penyakit.

Falak

Falak mempunyai fisik seperti ular, namun ukurannya sangat besar. Makhluk ini digambarkan mendiami dunia bawah, dan akan keluar nanti saat dunia akan berakhir. Falak diceritakan mempunyai nafsu makan yang besar. Ia bisa memakan hampir apa pun. Bahkan satu desa sekalipun.

Falak juga sering diceritakan sebagai makhluk neraka yang tugasnya adalah menyiksa manusia. Ular satu ini juga sering disamakan dengan Suja’ul Aqra. Dalam satu riwayat, ular ini diceritakan punya ukuran tubuh yang tak terbayangkan besarnya, serta ditugasi menghukum manusia yang selama di dunia lalai dalam berbuat kebaikan.

Dandan

Namanya memang lucu, namun makhluk mitologi satu ini digambarkan sangat menyeramkan. Dandan, menurut cerita Arab kuno, adalah ikan yang ukurannya sangat besar. Bahkan mungkin lebih besar dari paus zaman dinosaurus sekalipun. Konon, ia bisa mengisap perahu seperti kita meneguk segelas minuman.

Dandan pertama kali diketahui muncul dalam cerita Seribu Satu Malam. Di buku tersebut, diceritakan tentang Abdullah si nelayan yang diperingatkan oleh ikan duyung mengenai bahaya Dandan. Dikatakan pula, ikan ini merupakan musuh seluruh ikan di lautan.

Nasnas

Makhluk ini digambarkan punya fisik yang luar biasa besar. Bentuknya seperti manusia, namun hanya mempunyai setengah anggota tubuh. Gambaran kasarnya, ia adalah manusia yang terbelah dua secara vertikal.

Meski hanya setengah badan, Nasnas punya kecepatan yang luar biasa. Satu kali melompat dengan satu kakinya, ia bisa merengkuh jarak yang amat jauh. Nasnas adalah keturunan bangsa jin yang disebut Shikk.

Ifrit

Pernah dengar Lamb of God? Ya, makhluk ini adalah setan yang kepalanya berbentuk mirip domba bertanduk tajam, namun berbadan tegap seperti manusia. Ifrit sering digambarkan seperti itu. Bahkan ia juga punya jubah api yang dipakai di belakang tubuhnya.

Ifrit adalah jin kelas atas, yang tugasnya adalah menggoda manusia untuk diajak bersama menuju neraka. Konon, jin ini sangat kuat tipu dayanya, sehingga siapa pun yang lemah akan mudah masuk ke dalam perangkapnya. Kemudian menjadi pengikutnya, dan akhirnya terus menemani makhluk tersebut di neraka untuk selamanya.

Nama Ifrit mungkin sudah sangat kita kenal, meski mungkin sebelumnya tidak diketahui jika sosok satu ini ternyata makhluk mitologi Arab.

Baca juga: Misteri Makhluk-makhluk Humanoid yang Hidup di Dasar Laut

Related

Mistery 7308162447608739908

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item