Paus Orca, Hewan Predator yang Cerdas dan Mematikan

Paus Orca, Hewan Predator yang Cerdas dan Mematikan

Naviri Magazine - Paus orca adalah sejenis lumba-lumba (delphinidae) terbesar di dunia, karena panjang tubuhnya bisa mencapai 7 meter. Hewan ini sebenarnya bukan paus, namun disebut paus karena mungkin ukurannya yang sangat besar sehingga lebih mirip paus.

Orca memiliki ciri khusus yang sangat mencolok, yaitu warna belangnya yang hitam dan putih. Mereka hidup secara berkelompok, dan dipimpin oleh seekor orca betina. Orca termasuk hewan yang cerdas, dan mereka berkomunikasi dengan menggunakan suara ultrasonik.

Di lautan, orca termasuk hewan predator, dan mereka biasa memangsa ikan, burung, singa, anjing laut, bahkan hiu. Karena itu pula, orca juga dijuluki paus pembunuh. Orca bisa ditemukan di seluruh samudera di dunia, dari kawasan yang dingin seperti Arktik sampai kawasan bersuhu hangat, seperti perairan Indonesia.

Apa sih plankton itu?

Plankton adalah bentuk kehidupan kecil yang melayang-layang di laut dalam kelompok-kelompok. Makhluk hidup itu sangat kecil, bahkan lebih kecil dibanding semut, sehingga tidak tampak jika dilihat mata telanjang. Jumlah makhluk itu sangat banyak, dan hidup melayang-layang di dalam air.

Plankton adalah sumber makanan yang sangat penting bagi ikan paus dan hewan laut lainnya.

Baca juga: Ikan Salem, Lahir di Air Tawar tapi Hidup di Air Asin

Related

Science 8387515971106007182

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item