Uranus, Planet Pertama yang Ditemukan Lewat Teleskop

Uranus, Planet Pertama yang Ditemukan Lewat Teleskop

Naviri Magazine - Planet Uranus ditemukan pada 13 Maret 1781, oleh seorang astronom Inggris kelahiran Jerman, William Herschel.

Penemuan Herschel itu merupakan penemuan planet pertama di era modern, dan penemuan pertama yang menggunakan teleskop. Penggunaan teleskop membuat Herschel dapat mengidentifikasi Uranus sebagai sebuah planet—bukan bintang sebagaimana yang diyakini para astronom sebelumnya.

Uranus adalah planet ketujuh dari matahari. Setelah menemukannya, Herschel menamai planet itu “Georgium Sidus”, sebagai penghormatan terhadap Raja George III dari Inggris.

Kemudian, Johann Bode, seorang astronom Jerman, mengusulkan nama “Uranus”, yang berasal dari nama dewa Yunani kuno, dan nama itulah yang lalu digunakan sampai sekarang.

Planet Uranus, seperti juga Jupiter dan Saturnus, adalah sebuah bola gas raksasa yang terdiri dari hidrogen, helium, dan metana. Uranus adalah planet terbesar ketiga dalam tata surya, dan mengorbit di bumi setiap 84 tahun.

Pada bulan Januari 1986, pesawat tanpa awak AS, Voyager 2, mengunjungi planet itu dan menemukan 10 Bulan tambahan dari lima Bulan yang sebelumnya telah ditemukan.

Baca juga: Kisah Penemuan Komet ISON oleh Astronom Rusia

Related

Science 111094939794346278

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item