Apa Perbedaan Kodok dan Katak? Ini Jawabannya

Apa Perbedaan Kodok dan Katak? Ini Jawabannya

Naviri Magazine - Dalam bahasa Inggris, kodok disebut frog, sedang katak disebut toad. Kedua hewan itu memang mirip, namun berbeda. Katak dan kodok berbeda secara fisik dan tempat hidup.

Katak adalah hewan melata dengan makanan utama serangga-serangga kecil. Katak memiliki tubuh yang langsing, berkulit basah (lembap), tipis dan halus, memiliki kaki yang panjang sehingga dapat melakukan lompatan jauh, dan biasanya hidup di daerah yang basah atau berair.

Kodok juga memakan serangga-serangga kecil, namun memiliki tampilan fisik yang berbeda. Kodok memiliki tubuh yang lebar atau besar, kulitnya kering, tebal dan kasar, memiliki kaki relatif pendek yang menjadikan lompatannya hanya berjarak pendek, dan biasanya hidup di daerah yang lebih kering.

Bagaimana cara katak menelan makanan?

Untuk makan, katak akan menjulurkan lidahnya yang panjang dan lengket untuk menangkap serangga dan hewan-hewan kecil lain yang menjadi makanannya. Yang unik, untuk dapat menelan makanan itu, katak harus mengedipkan matanya yang menonjol.

Ketika katak mengedipkan matanya, aktivitas itu akan mendesakkan bola mata yang besar ke bagian atas mulutnya, yang mendorong makanan masuk ke dalam tenggorokannya. Dengan cara itulah katak menelan makanannya.

Baca juga: Orangutan Tahu Cara Memilih Makanan yang Baik

Related

Science 4665896713767583443

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item