Kisah Pertemuan dengan Dajjal di Tempat Persembunyiannya

Kisah Pertemuan dengan Dajjal di Tempat Persembunyiannya

Naviri Magazine - Dajjal disebut kelak akan muncul di akhir zaman, menjelang kiamat. Bahkan kemunculan Dajjal menjadi salah satu tanda besar bahwa kiamat akan segera datang. Kalau memang Dajjal akan muncul di akhir zaman, lalu di manakah ia sekarang?

Ternyata, Dajjal sudah ada sejak zaman dulu, namun masih terpenjara di sebuah tempat rahasia dan tersembunyi. Kenyataan itu diketahui oleh Tamim Al-Dariy, seorang laki-laki yang hidup di zaman Nabi Muhammad s.a.w, saat dia bersama rombongannya tanpa sengaja terdampar di sebuah pulau setelah terombang-ambing di lautan. Kisah selengkapnya tentang hal itu dikisahkan oleh Nabi Muhammad s.a.w dalam hadist yang panjang.

Ada riwayat Muslim yang diterima dari Fatimah binti Qais mengatakan, “Saya telah mendengar muazin Rasulullah s.a.w memanggil untuk salat. Saya pun pergi ke masjid dan salat bersama Rasulullah s.a.w. Selesai salat, Rasulullah s.a.w naik ke mimbar. Nampak semacam bergurau Baginda tertawa dan berkata, ‘Jangan ada yang bergerak. Hendaklah semua duduk di atas sajadah.’ Kemudian berkata, ‘Tahukah kamu mengapa aku memerintahkan jangan ada yang pulang?’ Kami menjawab, ‘Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.’

“Rasulullah s.a.w berkata lagi, ‘Demi Allah, aku menyuruhmu berkumpul di sini bukan ingin menakut-nakuti dan bukan memberi khabar gembira. Aku ingin menceritakan kepadamu bahwa Tamim Al-Dariy ... bercerita kepadaku tentang kisah Dajjal. Kisah yang dia ceritakan sesuai dengan apa yang telah aku ceritakan kepadamu sebelumnya.

‘Katanya, dia bersama 30 kawannya pergi ke laut dengan menaiki kapal. Angin kencang datang bertiup, dan ombak besar membawa mereka ke tengah samudera luas. Mereka tidak dapat menghalau kapal ke pantai, sehingga terpaksa berada di atas laut selama satu bulan. Akhirnya mereka terdampar di sebuah pulau menjelang terbenamnya matahari. Di pulau yang tidak ditempati orang itu, mereka berjumpa dengan binatang yang sangat tebal bulunya, sehingga tidak tampak apakah ia jantan atau betina.

‘Mereka bertanya kepada binatang itu, “Makhluk apa engkau ini?” Binatang itu menjawab: “Saya adalah Al-Jassasah.” Mereka tanya: “Apa itu Al-Jassasah?” Binatang itu hanya menjawab: “Wahai kumpulan lelaki, pergilah kamu ke tempat ini untuk menjumpai lelaki macam ini, sesungguhnya dia pun ingin berjumpa denganmu.” Mereka pun pergi ke tempat yang ditunjukkan binatang itu.

‘Di sana mereka menjumpai seorang lelaki yang sangat besar dan tegap. Mereka tidak pernah melihat orang sebesar itu. Dari tangan sampai tengkuknya seperti dikuatkan besi, begitu juga dari lutut sampai telapak kakinya. Mereka bertanya: “Siapakah engkau?” Orang seperti raksaksa itu menjawab: “Kamu telah mendengar cerita tentangku. Sekarang aku ingin bertanya siapa kalian ini?”

‘Mereka menjawab: “Kami manusia berbangsa Arab. Kami pergi ke laut menaiki kapal, tiba-tiba datang ombak besar membawa kami ke tengah-tengah samudera luas, dan kami berada di lautan selama satu bulan. Akhirnya kami terdampar di pulau yang engkau tempati ini.

‘Pada mulanya kami berjumpa dengan binatang yang sangat tebal bulunya, sehingga kami tidak dapat mengenali jenis kelaminnya. Kami tanya siapa dia, katanya Al-Jassasah. Kami tanya apa maksudnya, dia hanya menjawab: “Wahai kumpulan lelaki, pergilah kamu ke tempat ini untuk menjumpai lelaki macam ini, sesungguhnya dia pun ingin berjumpa denganmu.”

‘Itulah sebabnya kami datang ke tempat ini. Sekarang kami sudah berjumpa denganmu, dan kami ingin tahu siapa engkau sebenarnya.” Makhluk besar itu belum menjawab pertanyaan, dan balik bertanya, “Ceritakan kepadaku keadaan kebun kurma yang di Bisan itu,” nama tempat (di negeri Syam).

‘Mereka menjawab, “Keadaan apa yang engkau maksudkan?” Orang besar itu menjawab, “Maksudku, pokon kurma itu, apakah masih berbuah?” Setelah mereka menjawab bahwa pohon kurma itu berbuah, orang besar tadi berkata, “Aku takut pohon itu tidak berbuah.”

‘Orang besar itu bertanya lagi, “Ceritakan kepadaku tentang sungai Tabarah.” Mereka menjawab, “Tentang apa yang engkau maksudkan?” Lelaki itu menjawab, “Maksudku airnya, apakah masih ada?” Mereka menjawab, “Airnya tidak susut.” Lelaki itu berkata, “Air sungai itu disangsikan akan kering.”

‘Akhirnya lelaki seperti raksasa itu berkata, “Kalau begitu, ceritakan kepadaku tentang Nabi Al-Amin itu, apa yang dia lakukan?” Mereka menjawab, “Dia telah berhijrah dari Makkah ke Madinah.”

‘Lelaki itu bertanya lagi, “Apakah dia diperangi orang-orang Arab?” Mereka menjawab, “Ya, dia diperangi orang-orang Arab.” Lelaki itu bertanya lagi, “Kalau begitu, apa tindakan dia terhadap mereka?” Mereka ceritakan bahawa Rasulullah s.a.w telah mengembangkan dakwahnya, dan sudah ramai pengikutnya.

‘Orang besar itu berkata lagi, “Memang begitulah, padahal mereka beruntung jika taat kepadanya.” Kata orang besar itu lagi, “Sekarang aku terangkan kepadamu bahwa aku adalah Al-Masih Dajjal. Nanti aku akan diberi izin keluar, lalu aku akan menjelajah dunia ini. Dalam masa empat puluh malam sudah dapat kujelajahi semua, kecuali Makkah dan Madinah yang aku tidak dapat memasukinya. Negeri Makkah dan Madinah dikawal para Malaikat, maka aku tidak dapat menembusnya.”

‘Rasulullah s.a.w menekankan tongkatnya di atas mimbar sambil berkata, “Inilah negeri yang tidak dapat dimasukinya itu, Madinah. Saudara-saudara, apakah sudah kusampaikan cerita ini kepadamu?” Mereka menjawab, “Ya, sudah ya Rasulullah.”

‘Rasulullah s.a.w berkata lagi, “Kisah Tamim itu lebih meyakinkanku lagi. Ceritanya bersesuaian dengan yang telah kusampaikan kepadamu sebelumnya, yaitu tentang Makkah dan Madinah yang tidak dapat dimasuki Dajjal. Cuma dia mengatakan di lautan Syam atau di laut Yaman. Tidak, bahkan ia dari arah timur. Ia dari arah timur,” kata Rasulullah s.a.w sambil menunjuk ke arah timur.

Rasulullah s.a.w telah menguatkan lagi bahawa Dajjal akan datang dari arah timur. Ada yang mengatakan bahwa Dajjal akan datang dari Khurasan atau Asfahan.

Baca juga: Asal Usul Dajjal, Keluarga, Ciri-ciri, dan Waktu Kemunculannya

Related

Moslem World 8517778325084537062

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item