Misteri 5 Tempat Rahasia yang Disensor Google Maps

Misteri 5 Tempat Rahasia yang Disensor Google Maps

Naviri Magazine - Google Maps adalah teknologi yang disediakan Google untuk tujuan penelusuran, karena fungsinya sebagai peta digital. Melalui Google Maps, kita bisa melihat dan menjelajahi daerah mana pun yang kita inginkan, bukan hanya yang ada di dekat kita, tapi juga yang letaknya jauh dari tempat kita.

Dengan Google Maps, kita tinggal memasukkan titik koordinat yang tepat, maka kawasan yang kita inginkan pun akan terpampang di layar. Sebagai peta digital, Google Maps akan memperlihatkan apa pun yang ada di sana, sesuai keadaannya.

Namun, ternyata, Google Maps juga melakukan penyensoran terhadap tempat-tempat tertentu. Ada beberapa tempat di dunia yang tampaknya disensor dan “ditutupi” oleh Google Maps, sehingga kita tidak bisa mengaksesnya. Jika kita mencari lokasi-lokasi itu via Google Maps, gambar yang muncul bisa berupa gambar samar, gambar hitam, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Kenyataan aneh ini sudah lama diketahui banyak orang, dan menimbulkan pertanyaan, kenapa Google sengaja “menghilangkan” tempat-tempat tersebut dari peta. Di antara tempat-tempat misterius yang disensor Google Maps, berikut ini adalah lima di antaranya.

Peternakan Junction, California
Kordinat: 36.135788, -117.536801

Peternakan Junction berada di tengah-tengah Gurun Mojave, California, tepatnya di "Junction Ranch", lapangan terbang besar tempat uji coba militer.

Jika membukanya melalui Google Maps, akan terlihat gambar peta yang buram, dan ada bagian yang sengaja disamarkan. Ada spekulasi bahwa tempat itu digunakan oleh militer sebagai tempat uji coba drone.

Pulau Sandy, Kaledonia Baru
Kordinat: -19.246057, 159.914653

Pulau Sandy pertama kali ditemukan oleh kapten Cook, ketika melakukan eksplorasi di Australia pada tahun 1700-an. Namun, ada beberapa hal janggal, karena ketika melihatnya lewat Google Maps, tempat itu seolah sengaja disamarkan. Pada 2012, ketika sebuah kapal penelitian melewati kordinat tersebut, tidak ditemukan apa-apa di sana.

Jika mencoba mencari pulau tersebut menggunakan Google Maps versi 2016, maka tidak ditemukan adanya sensor, bahkan pulau tersebut hilang dari pantauan Google Maps.

Pangkalan Militer Udara Thule, Greenland
Kordinat: 76.475788, -69.353301

Pada masa perang dingin, pihak AS memiliki pesawat pengebom B-52 yang ditugasi membawa senjata-senjata nuklir secara teratur. Namun, pada 1968, terjadi sebuah kecelakaan pesawat di pangkalan Thule saat hendak lepas landas, menyebabkan kawasan di sekitar pangkalan terpapar radiasi nuklir.

Sepertinya, akibat kejadian tersebut, tempat itu menjadi kawasan yang rahasia, sehingga Google Maps melakukan sensor di daerah tersebut.

Siberia, Rusia
Kordinat: 66.364195, 179.170560

Di kawasan Gurun Siberia sebelah utara Rusia, ada sebuah lahan yang terlihat tidak wajar. Ketika melihatnya melalui Google Maps dan mencoba melakukan zoom, yang terlihat malah gambar peta kawasan lain, seolah ada sesuatu yang disembunyikan di sana.

Jadi, peta di wilayah ini seperti peta dari daerah lain yang di-copy paste ke daerah tersebut, sehingga tempat itu masih menyimpan pertanyaan besar.

Kangtega, Nepal
Kordinat: 27.794671, 86.817512

Daerah yang berada di kawasan puncak pegunungan Himalaya, Nepal, ini menyimpan misteri, karena kawasan ini dihilangkan dari Google Maps. Terlihat sebuah bagian hitam yang menutupi seluruh wilayah ini. Ada pendapat yang mengatakan, tempat tersebut dulunya pangkalan militer milik tentara Nazi.

Tetapi, jika mencarinya menggunakan Google Maps 2016, sensor hitam tersebut hilang, dan terlihat tidak ada apa pun di daerah tersebut. Artinya, ini mematahkan dugaan sebelumnya yang mengatakan bahwa tempat tersebut bekas pangkalan militer Nazi. Namun, hingga saat ini tidak ada penjelasan resmi dari Google.

Baca juga: 5 Kawasan Perairan yang Menjadi Sarang UFO dan Alien

Related

World's Fact 5180892753604110106

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item