Ternyata, Rayap Memiliki Teknologi yang Melampaui Manusia

Ternyata, Rayap Memiliki Teknologi yang Melampaui Manusia

Naviri Magazine - Di Zimbabwe, ada spesies rayap yang disebut Macrotermes michaelseni. Spesies rayap ini memiliki kemampuan yang menakjubkan, yaitu mampu mengembangkan teknik yang tepat dalam membuat peternakan jamur tertentu yang ditujukan sebagai makanan mereka. Jamur itu diternakkan di dalam sarang mereka.

Jamur yang diternakkan rayap-rayap itu hanya dapat tumbuh pada suhu sekitar 87 derajat Fahrenheit. Padahal, suhu di luar sarang adalah 104 derajat Fahrenheit pada siang hari, dan 35 derajat Fahrenheit pada malam hari.

Rayap-rayap di sana telah memiliki sistem tertentu dalam menjaga sarang mereka berada dalam suhu tetap terus-menerus, dengan cara membuka dan menutup ventilasi pemanasan dan pendinginan.

Kemampuan menakjubkan itu diketahui setelah tim ilmuwan dari Loughborough University mempelajari spesies rayap tersebut, dan kenyataan itu pun menginspirasi mereka untuk membangun ventilasi yang sama bagi rumah manusia, dalam upaya menjaga agar suhu ruangan selalu dalam keadaan tetap.

Baca juga: Bagaimana Reptil Bisa Sampai di Tempat yang Jauh?

Related

Science 1436257613134179530

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item