Mengenal Planet-Planet yang Ada di Tata Surya Kita

Mengenal Planet-Planet yang Ada di Tata Surya Kita

Naviri Magazine - Planet adalah benda langit yang memiliki ciri-ciri berikut ini; mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang; memiliki massa yang cukup untuk mempunyai gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat); tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya; berdiameter lebih dari 800 kilometer, dan telah “membersihkan lingkungan” di daerah sekitar orbitnya.

Yang dimaksud “membersihkan lingkungan” (clearing the neighborhood) adalah mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya, selain satelitnya sendiri.

Ada 8 planet di tata surya kita, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Pluto sudah tidak termasuk planet sejak tanggal 24 Agustus 2006, sejak sidang Himpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union, IAU) ke-26 di Praha, menyatakan bahwa Pluto telah dikeluarkan dari daftar tata surya kita, karena orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus.

Akibatnya, ketika mengelilingi Matahari, Pluto kadang berada lebih dekat dari Matahari dibandingkan planet Neptunus.

Baca juga: Upaya Manusia Bermukim di Planet Mars

Related

Science 4313834230046184910

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item