Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Penyakit Jantung dan Diabetes

Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Penyakit Jantung dan Diabetes

Naviri Magazine - Penyakit jantung dan diabetes adalah dua penyakit yang tergolong berat. Selain membutuhkan proses perawatan dan pengobatan yang sulit serta lama, penderitanya juga bisa terancam oleh penyakit tersebut. Yang mengejutkan dari hal ini adalah, ternyata aktivitas terlalu lama duduk bisa menyebabkan penyakit, yang di antaranya adalah jantung dan diabetes.

James Levine, Direktur Klinik Mayo sekaligus Peneliti Obesitas dari Universitas Arizona, menemukan sejumlah fakta mengejutkan terkait duduk yang terlalu lama. Salah satunya, ia memicu risiko diabetes dan obesitas secara radikal.

“Duduk terlalu lama lebih bahaya daripada merokok. Membunuh lebih banyak daripada HIV, dan punya risiko kematian lebih tinggi daripada paralayang,” katanya dalam wawancara dengan The Lost Angeles Times.

Penelitian 2014 itu bukan studi satu-satunya. Dalam Journal of the American College of Cardiology edisi Juni 2013, diketahui bahwa perempuan yang duduk selama 10 jam atau lebih dalam sehari berisiko tinggi terkena gangguan jantung, dibanding perempuan yang duduk hanya lima jam. Ini disebabkan saat duduk, darah mengalir lebih lambat dan membakar lemak lebih sedikit. Akibatnya, asam lemak lebih mudah menyumbat jantung Anda.

Tak hanya merusak jantung, pada 2012 Diabelotogia menemukan kerusakan pankreas pada orang-orang yang sering duduk lama. Kerusakan ini memicu pankreas memproduksi lebih banyak insulin dalam tubuh, yang justru menyebabkan diabetes.

Efek paling populer dari kelebihan dosis duduk yang dirasakan 9,4 populasi dunia adalah masalah punggung. Sebab duduk lebih banyak memberikan tekanan pada tulang belakang daripada saat berdiri. Diperkirakan 40 persennya, duduk terlalu lama di depan komputer setiap hari. Jangan sepelekan masalah punggung, karena Amerika sampai mengeluarkan $86 juta setiap tahun karena masalah ini.

Selain punggung, leher tegang juga dialami 10 persen penduduk bumi akibat duduk berlebihan. Lainnya adalah nyeri varises, yang dialami 25 persen perempuan dan 15 persen pria.

Baca juga: Hati-hati, Kini Banyak Anak Muda Terkena Serangan Jantung

Related

Health 734776956851146904

Recent

item