Fakta di Balik Terjadinya Wabah Serangga Tomcat

Fakta di Balik Terjadinya Wabah Serangga Tomcat

Naviri Magazine - Ada banyak faktor pemicu mewabahnya serangga tomcat. Selain faktor manusia, cuaca pun berpengaruh. Serangan tomcat umumnya disebabkan terganggunya lingkungan atau habitat mereka.

Tomcat biasanya hidup di daerah persawahan, atau tempat-tempat lembap lainnya, salah satunya adalah hutan mangrove. Ketika habibatnya rusak, serangga itu pun mencari lingkungan yang baru sebagai tempat tinggal, hingga merambah ke pemukiman penduduk.

Ketika areal persawahan—yang menjadi tempat tinggal mereka—diubah menjadi kawasan pemukiman, tomcat juga dapat menyerang, karena kawasan mereka terganggu.

Selain itu, minimnya keberadaan predator tomcat juga menjadi salah satu pemicu wabah serangga tersebut, meski faktor musim juga berpengaruh terhadap peningkatannya.

Pada musim penghujan, dengan kondisi kelembapan tinggi, populasi wereng yang merupakan makanan tomcat meningkat. Ketersediaan makanan yang melimpah itu kemudian memicu meledaknya populasi tomcat.

Baca juga: Kecoak Pelompat, Kecoak Unik yang Suka Melompat

Related

Science 249496109231723396

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item