Ngeri, Orang Bisa Kena Kanker Jika Terlalu Lama Duduk

Ngeri, Orang Bisa Kena Kanker Jika Terlalu Lama Duduk

Naviri Magazine - Apa hubungan kanker dengan kebiasaan duduk terlalu lama setiap hari? Sekilas, mungkin terlihat tidak ada hubungannya. Tetapi, berdasarkan penelitian, orang-orang yang biasa duduk terlalu lama setiap hari rentan mengidap kanker.

Dalam Inaugural Active Working Summit Januari 2015 lalu di Amerika, Ahli Kesehatan Rory Heath menerangkan dalam presentasinya:

“Duduk berlebihan berisiko menimbulkan kanker paru-paru sampai 54 persen, kanker kandungan sampai 66 persen, kanker usus besar sampai 30 persen. Mekanismenya belum jelas bagaimana, tapi ada kaitannya dengan produksi insulin yang meningkatkan pertumbuhan sel, atau karena berkurangnya produksi anti-oksidan dalam tubuh ketika jarang bergerak.

“Alasan lain munculnya kanker dikaitkan dengan bertambahnya berat badan, dan perubahan kimiawi terkait dalam tubuh. Misalnya perubahan hormon, disfungsi metabolis atau hal lain yang memicu kanker.”

Tak habis di situ, duduk terlalu lama juga bisa memangkas usia. Penelitian tahun 2012 menyebutkan, mengurangi waktu duduk dalam sehari menjadi rata-rata tiga jam dapat meningkatkan harapan hidup hingga dua tahun.

Studi lain dari British Journal of Sports Medicine menyatakan, setiap jam menonton televisi setelah berumur 25 tahun akan mengurangi harapan hidup hingga hampir 22 menit. Dibandingkan mereka yang tidak, mereka yang menonton televisi rata-rata 6 jam per hari akan mengurangi 4,8 tahun hidupnya.

Sementara, dalam penelitian terbaru di International Journal of Sports and Exercise Medicine, hanya 1 persen dari 144 partisipan yang mengaku duduk terlalu lama berdampak pada kesehatan mereka.

Sebanyak 24 persennya mengaku duduk yang lama sebanding dengan waktu istirahatnya, 55 persen merasa tak ada pengaruh, dan 48 persen merasa kesehatannya baik-baik saja. Bahkan 16 persen merasa hidupnya sangat sehat, dan tak terpengaruh dari duduk berlebihan yang dilakukannya di kantor. Padahal para partisipan menghabiskan waktunya dengan duduk sampai 80 persen dari waktunya bekerja.

Ini berarti tak banyak orang sadar, kalau kursinya sedang memperpendek umur mereka.

Baca juga: Ancaman Kesehatan di Balik Kemacetan Jalan Raya

Related

Health 8050068695521251872

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item