Misteri Batu-batu Aneh Buatan Iblis di Australia

Misteri Batu-batu Besar Buatan Iblis di Australia

Naviri Magazine - Di Australia, ada monumen alam terkenal yang menjadi tempat keberadaan Karlu Karlu, yaitu batu-batu besar yang muncul di sana secara misterius. Karlu Karlu juga dikenal sebagai Bebatuan Iblis, karena tidak jelas asal usulnya.

Keberadaan Karlu Karlu sangat penting bagi orang-orang Aborigin; monumen alam bersejarah itu juga dilindungi oleh undang-undang sebagai tempat suci bagi suku asli Australia di wilayah utara. Suku Aborigin percaya bahwa batu-batu besar tersebut adalah telur ular pelangi, sementara mereka juga mengaitkannya dengan beragam kisah mitologi lainnya.

Pada salah satu versi kisahnya (yang populer dalam tradisi Aborigin Warumungu, Kaytetye dan Alyawarre), diceritakan sesosok manusia iblis yang disebut Arrange membuat Karlu Karlu secara tak sengaja.

Dia sedang menyiapkan sabuk-tali berbahan rambut, namun menjatuhkan beberapa helainya ke atas tanah. Rambut kemudian berubah menjadi batu-batu merah besar, sedangkan Arrange lantas pulang ke Bukit Ayleparrarntenhe.

Kisah legenda tersebut mengakar kuat dalam kepercayaan Aborigin, sementara para ahli geologi punya teori lain mengenai asal kemunculannya. Secara ilmiah, Karlu Karlu dibentuk oleh proses erosi terhadap bebatuan granit selama jutaan tahun di dalam tanah, lalu kekuatan tektonik mengangkatnya ke atas permukaan.

Seiring waktu, perbedaan suhu ekstrem antara siang dan malam di daerah gurun menghasilkan tekanan besar pada granit-granit itu, menyebabkan perubahan bentuk, dan terkadang sanggup membelahnya menjadi dua. Bagaimanapun, itu merupakan proses natural yang indah dan layak dikagumi.

Baca juga: Manusia Piltdown, Skandal Penipuan Sains yang Menggemparkan 

Related

World's Fact 3687856901958630786

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item