3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Bisnis Waralaba

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memulai Bisnis Waralaba

Naviri Magazine - Membuka usaha sendiri, dan merintisnya dari nol, tentu membutuhkan perjuangan dan kesabaran yang luar biasa. Selain itu, tidak ada jaminan usaha yang dirintis akan berhasil. Karenanya, sebagian orang kemudian terpikir untuk bergabung dengan bisnis waralaba saja. Selain lebih praktis, bisnis waralaba juga umumnya sudah terjamin berjalan lancar.

Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat populasi penduduk mencapai lebih dari 230 juta jiwa. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki angkatan kerja yang tinggi, yaitu sekitar 133,94 juta jiwa pada Februari 2018. Namun angka tersebut tidak sebanding dengan lapangan kerja yang ada di Indonesia.

Untuk itu, wirausahawan sangat dibutuhkan di Indonesia. Kehadiran para wirausahawan, termasuk industri waralaba, dipercaya dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian Indonesia, termasuk menyerap tenaga kerja lebih banyak. Meski demikian, calon wirausahawan juga dituntut jeli mempersiapkan usaha mandirinya.

Konsultan Bisnis Waralaba, Djoko Kurniawan, mengatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam membuka peluang usaha mandiri, terutama waralaba.

“Pertama, kunjungi outlet-nya, lalu bandingkan dengan analisis bisnis yang Anda dapatkan,” ujar Djoko pada workshop di Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018, Jakarta.

Setelah menjajal dan melihat langsung ke outlet, Djoko menyarankan untuk menghubungi perusahaan waralaba tersebut. Ajukan beberapa pertanyaan dan perhatikan jawaban yang diberikan.

“Dengarkan jawabannya, profesional apa tidak. Jangan pas ditanya jawabannya tidak meyakinkan,” ujarnya.

Selanjutnya, calon wirausahawan juga harus mengecek history dari bisnis waralaba tersebut. Caranya dengan memastikan pada mitra lain yang sudah lebih dulu bergabung.

“Terakhir, cek apakah mitra yang lain happy apa enggak jadi mitra mereka. Itu tips jika masyarakat ingin ambil bagian di bisnis waralaba,” tandasnya.

Baca juga: Ekonomi Digital Indonesia Masih Perlu Waktu untuk Berkembang

Related

Business 7859336671948502969

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item