Ciri-ciri Kena Penyakit Maag, yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri Kena Penyakit Maag, yang Perlu Diwaspadai

Naviri Magazine - Ada beragam masalah dan penyakit yang terkait dengan pencernaan di tubuh kita. Dalam hal itu, maag adalah salah satunya, bahkan bisa dibilang yang sering terjadi. Karenanya, maag juga bisa dibilang penyakit populer yang diderita banyak orang, sampai muncul obat maag yang sama populer.

Masalah pencernaan merupakan persoalan yang tidak bisa dianggap remeh. Apabila pencernaan Anda kurang baik, maka akan berakibat buruk juga pada kegiatan Anda.

Sebenarnya, maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, bahkan kerongkongan, akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.

Untuk mengetahui secara detail ciri-ciri orang kena penyakit maag, berikut ulasan lengkapnya.

Kembung dan begah

Perut kembung dan begah adalah gangguan pencernaan, di mana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang, dan bergas. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa Anda terkena penyakit maag.

Apalagi saat Anda merasa perut kembung dan begah, padahal sedikit bahkan tidak ada asupan makan yang masuk ke tubuh Anda.

Mual saat sikat gigi

Ketika asam lambung meningkat, bisa menyebabkan Anda mual saat gosok gigi. Hal tersebut seharusnya tidak terjadi apabila Anda dalam keadaan sehat, tanpa penyakit maag.

Dada terasa panas

Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, tabung yang menghubungkan antara tenggorokan dan perut Anda. Asam lambung bersifat sangat asam dengan pH sekitar dua, sehingga menimbulkan sensasi terbakar di belakang tulang dada Anda.

Kemudian, saat Anda menarik napas, seperti ada yang mengganjal sehingga sulit untuk bernapas.

Nyeri berlebih hingga punggung

Merupakan sensasi nyeri yang terasa di ulu hati dan meluas hingga ke punggung, dada, hingga pusar, tergantung seberapa luas peradangan pada lambung yang terjadi.

Penyakit ini disebabkan oleh kadar asam lambung yang meningkat, akibat asupan makanan yang dapat meningkatkan asam lambung tinggi, seperti makanan berlemak, pedas, dan terlalu asam. Tidak hanya itu, menjalankan pola makanan yang tidak sehat, serta stres, juga menjadi faktor utama penyebab maag.

Jika Anda merasakan atau mengalami hal-hal seperti disebutkan di atas, sebaiknya periksa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Baca juga: Tangan Tiba-tiba Mati Rasa? Telusuri Penyebabnya

Related

Health 8324555606680263355

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item