Harga Motor Listrik GESITS Berkisar Rp22-23 Juta

Naviri Magazine - Motor listrik GESITS adalah sepeda motor bertenaga baterai atau listrik, yang diproduksi oleh Indonesia. Karenanya, sej...

Harga Motor Listrik GESITS Berkisar Rp22-23 Juta

Naviri Magazine - Motor listrik GESITS adalah sepeda motor bertenaga baterai atau listrik, yang diproduksi oleh Indonesia. Karenanya, sejak diperkenalkan pertama kali, motor listrik ini langsung menarik perhatian banyak orang, karena produk asli Indonesia. Lalu berapa kira-kira harga motor listrik GESITS?

Direktur PT GESITS Technology Indonesia, Zaki Nahdi Saleh, membeberkan kisaran harga motor listrik buatan anak bangsa, GESITS, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Zaki menjelaskan, GESITS yang sudah dipesan sebanyak 30 ribu unit akan punya harga yang kompetitif. Ia berharap, banderolnya bisa lebih murah dibandingkan motor matik dengan mesin pembakaran internal.

"Kalau motor listrik baterai di dalam, harga baterai hari ini masih mahal. 35 persen harga itu baterai, bisa sampai 50 persen kadang-kadang. Jadi bisa mahal harga motor listrik, lebih dari 50 juta," kata Zaki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/10).

"Kalau dari kami dari industrinya kurang lebih Rp 20 juta, harga pasar kurang lebih Rp 22 juta sampai Rp 23 juta. Kita kan motor listrik pertama. Kuncinya di sini itu motor beli, baterainya dimiliki Pertamina. Jadi harga bisa murah," lanjut dia.

Jokowi bahkan sempat menjajal motor listrik GESITS. Sepeda motor listrik GESITS saat ini siap diproduksi secara massal di fasilitas milik PT Wijaya Karya Konstruksi dan Industri (WIKAN).

Sebelum dijajal Jokowi, motor listrik yang lahir berkat riset dan pengembangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu, sudah melakoni sejumlah pengujian, baik di lab maupun dites jalan.

Sebelum masuk tahap produksi, motor listrik GESITS sudah melakoni dua uji tes jalan; pertama, uji performa dengan rute Jakarta-Bali pada November 2016 dengan menempuh jarak 1.400 km, dan kedua pada September-Oktober 2017 dengan menempuh jarak sejauh 60.000 km.

Baca juga: Mau Beli Kendaraan Sekarang, Lebih Baik Kredit atau Tunai?

Related

News 5320984313208552577

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item