Mau Beli Kendaraan Sekarang, Lebih Baik Kredit atau Tunai?

Mau Beli Kendaraan Sekarang, Lebih Baik Kredit atau Tunai?

Naviri Magazine - Keperluan transportasi bisa dibilang keperluan yang selalu dibutuhkan setiap hari. Karena kebanyakan kita butuh keluar rumah menuju tempat kerja atau ke tempat lain, dan hal semacam itu terjadi setiap hari bahkan setiap saat. Karenanya, banyak orang—khususnya kalangan milenial yang memiliki mobilitas tinggi—ingin memiliki kendaraan sendiri, khususnya sepeda motor.

Tidak sedikit kalangan milenial yang memilih untuk membeli kendaraan sendiri dibanding menggunakan transportasi umum. Dalam membeli kendaraan, ada banyak cara pembayaran yang biasa dilakukan, mulai dari tunai hingga kredit.

Lantas, mana jenis pembayaran yang lebih baik bagi milenial?

Perencana keuangan, Eko Indarto, mengatakan saat ini cara pembayaran yang lebih baik adalah melalui tunai. Sebab, kemungkinan suku bunga pinjaman akan naik, mengingat Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga beberapa bulan yang lalu.

"Meskipun suku bunga pinjaman mungkin cenderung naik, bukan berarti semua harus pakai tunai. Yah, kalau memang sedang tidak ada dana tunai, maka kredit adalah alternatif pembayaran yang paling baik," katanya.

Bunga pinjaman, lanjutnya, mungkin bisa turun, tetapi karena sifat bunga pinjaman kendaraan yang cenderung tetap (fix), maka kalangan milenial harus menunggu waktu terbaik dalam meminjam dana untuk beli kendaraan. Sementara, kebutuhan kendaraan milenial mungkin sudah mendesak.

"Kalau pun ingin meminjam, kan lihat-lihat suku bunga pinjaman dulu. Saat turun, memang lebih baik gunakan kredit untuk beli kendaraan, tapi pertanyaannya kapan akan turun? Kita tidak pernah tahu," tambahnya lagi.

Untuk itu, kalau memang memiliki dana tunai yang cukup, Eko menyarankan agar kalangan milenial membeli kendaraan dengan menggunakan dana tunai. Lagi pula, dengan begitu beban pembiayaan yang harus ditanggung akan jadi berkurang.

Baca juga: 10 Mobil Antik Paling Langka dan Paling Mahal di Dunia

Related

Automotive 876652810748109449

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item