Mengenal Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan yang Menyiksa

Mengenal Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan yang Menyiksa

Naviri Magazine - Cemas adalah perasaan gugup atau khawatir yang muncul saat seseorang mengalami ancaman atau bahaya. Perasaan ini biasanya muncul secara alami sebagai reaksi tubuh terhadap stres. Ini bisa membantu seseorang untuk lebih waspada, dan mengambil tindak cepat untuk beraksi.

Namun, bila rasa cemas muncul secara tiba-tiba (misalnya tidak dalam situasi yang menegangkan) dan sulit dikendalikan sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari, maka kondisi ini menandakan adanya gangguan kecemasan.

Ada berbagai gejala saat gangguan kecemasan terjadi, seperti munculnya rasa panik, takut, gelisah, disertai dengan keluarnya keringat dingin dan kesemutan pada tangan atau kaki.

Kondisi ini bisa menyebabkan pasien mengalami sesak napas dan palpitasi jantung, atau sensasi yang dirasakan saat jantung berdebar sangat kuat atau tidak beraturan. Palpitasi jantung kadang bisa menimbulkan rasa sakit di dada, dan bisa terjadi selama beberapa detik atau beberapa menit.

Dilansir dari WebMD, penyebab gangguan kecemasan ini tidak diketahui secara persis. Namun, kondisi ini terjadi seperti bentuk penyakit jiwa lainnya, yaitu terjadinya perubahan pada otak dan tekanan di lingkungan.

Kondisi ini bisa dikurangi gejalanya dengan obat antidepresan, dan terapi dengan psikiater atau psikolog.

Baca juga: Tidak Benar, jika Rokok Herbal Disebut Baik untuk Kesehatan

Related

Psychology 8397803196399967835
item