Inilah Orang yang Pertama Kali Pergi ke Ruang Angkasa

Inilah Orang yang Pertama Kali Pergi ke Ruang Angkasa

Naviri Magazine - Orang pertama yang pergi ke luar angkasa adalah Yuri Gagarin, seorang kosmonot Rusia. Pada tahun 1961, ia mengelilingi Bumi dengan pesawat ruang angkasa yang diberi nama Vostok 1. Ia terbang pada ketinggian 203 mil (327 kilometer) di atas daratan.

Penerbangan itu hanya berlangsung selama 108 menit, namun hal itu telah membuktikan bahwa manusia dapat bertahan dalam perjalanan di ruang angkasa.

Bisakah meteor jatuh menimpa Bumi?

Kalau ukurannya cukup besar, sehingga memiliki berat yang cukup, meteor dapat jatuh menimpa Bumi. Meteor yang jatuh ke Bumi disebut meteorid.

Lima puluh ribu tahun yang lalu, sebuah meteor jatuh di Arizona, Amerika Serikat. Akibatnya, terjadi ledakan yang amat besar, hingga daratan tempat jatuhnya berubah menjadi kawah sedalam 175 meter, dengan diameter 1,2 kilometer.

Para ahli juga menyatakan bahwa di masa purba dulu pernah ada meteor besar yang jatuh ke Bumi, yang menyebabkan perubahan iklim dan berakhirnya masa dinosaurus yang punah akibat perubahan Bumi yang drastis.

Baca juga: Dark Matter, Materi Paling Misterius di Alam Semesta

Related

Science 7921760661714822109

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item