Ini Penyebab Semut Saling Bersalaman ketika Bertemu

Ini Penyebab Semut Saling Bersalaman ketika Bertemu

Naviri Magazine - Mengapa semut saling bersalaman ketika bertemu? Sebenarnya bukan bersalaman, tapi menepuk. Saling menepuk satu sama lain di antara semut adalah cara mereka berkomunikasi. Tepukan yang keras menjadi tanda bahaya, sementara tepukan yang lembut di antara dua ekor semut adalah isyarat untuk menunjukkan/memberitahu adanya makanan bagi semut yang lain.

Secara individu, semut mungkin tidak mengenali satu sama lainnya. Namun, tiap spesies semut memiliki pesan kimia, juga sedikit perbedaan pada sarang mereka.

Seekor semut bisa mengenali semut yang lain sebagai teman satu sarang atau semut asing melalui bau mereka. Zat kimia yang ada di tubuh mereka juga memungkinkan semut untuk meninggalkan jejak bau yang dapat diikuti semut lain untuk menemukan sumber makanan yang bagus.

Selain itu, semut tidak dapat melihat dan mendengar dengan baik, jadi mereka berkomunikasi satu sama lain dengan cara meninggalkan bau. Itulah sebabnya semut berbaris mengikuti jejak yang ditinggalkan semut-semut yang lain ketika menuju ke suatu tempat.

Baca juga: Wow, Semut Bisa Membawa Beban 50 Kali Berat Tubuhnya

Related

Science 7225679261610631451

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item