Apa Perbedaan Monyet dan Kera? Ini Jawabannya

Apa Perbedaan Monyet dan Kera? Ini Jawabannya

Naviri Magazine - Monyet dan kera berbeda, itulah sebabnya film Hollywood menggunakan judul Planet of the Apes, dan bukan Planet of the Monkeys.

Meski sama-sama berasal dari ordo primata, namun monyet dan kera berbeda familia. Yang memiliki ekor disebut monyet (monkey), sementara yang tidak berekor disebut kera (ape). Yang termasuk golongan monyet di antaranya adalah lutung, sementara yang masuk dalam golongan kera yaitu gibon, siamang, simpanse, dan pongo (orang utan).

Monyet memiliki usia hidup yang lebih pendek dibanding kera. Jika kera dapat hidup hingga 50 tahun, rata-rata monyet hanya mencapai usia 25 tahun.

Mengapa kera howler menjerit?

Kera howler hidup di hutan-hutan lebat Amerika Tengah dan Selatan. Kera ini ditandai dengan ciri khasnya, yaitu jeritannya yang sangat keras. Ketika menjerit, suara jeritan hewan ini dapat terdengar dari jarak 1,6 kilometer. Howler jantan memiliki suara yang jauh lebih keras dibanding howler betina.

Kera howler menjerit untuk beberapa keperluan, seperti untuk menandai wilayah mereka, atau untuk memberi tanda bahaya bagi sesamanya. Kera howler membuat bunyi jeritan dengan cara mengeluarkan udara melalui tulang kosong yang sangat besar di tenggorokannya.


Related

Science 8636530680331543726

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item