Ngeri, Tumbuhan Ini Bisa Menjebak dan Memakan Hewan

 Ngeri, Tumbuhan Ini Bisa Menjebak dan Memakan Hewan

Naviri Magazine - Umumnya, hewan memakan tumbuhan. Misalnya, kambing memakan daun, atau kuda memakan rumput. Tetapi, ternyata, ada pula tumbuhan yang memakan hewan. Kenyataan itulah yang dilakukan oleh tumbuhan bernama Dionaea muscipula, sehingga dijuluki sebagai tanaman karnivora.
   
Tanaman yang juga disebut sebagai tanaman venus (Venus Flytrap) ini merupakan tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki pasangan daun yang berfungsi sebagai perangkap serangga-serangga kecil.

Pasangan daun memiliki rambut yang ultra-sensitif, sehingga dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun tersentuh, maka daun akan mengatup dan memerangkap hewan apa pun yang mendekatinya.
       
Tumbuhan venus atau The Venus Flytrap adalah tanaman yang mendapatkan nutrisi dengan menangkap serangga. Perlu diketahui bahwa serangga hanya dimanfaatkan tumbuhan venus untuk memenuhi nutrisi, dan bukan untuk memenuhi energi.

Tanaman memerlukan zat hara di samping air, untuk proses fotosintesis sebagai media pembentukan energi. Lebih tepatnya, tumbuhan memerlukan unsur-unsur seperti nitrogen, fosfor, dan karbon, sebagai bahan baku proses fotosintesis.
     
Pada umumnya, beberapa tumbuhan mendapatkan bahan-bahan tersebut dari tanah tempat tumbuhan tersebut tumbuh, menggunakan proses kapilarisasi di akarnya. Tetapi tumbuhan Flytrap biasanya tumbuh di daerah yang tanahnya minim kandungan bahan anorganik dan mineral lainnya.

Oleh karena itu, Venus Flytrap beradaptasi guna memperoleh zat hara dengan cara yang berbeda, yakni dengan memangsa serangga seperti belalang, laba-laba, kumbang, dan jangkrik.

Baca juga: Misteri Venus, Tumbuhan Berbahaya yang Memakan Daging

Related

Science 3851955795246916323

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item