Hal-hal yang Harus Diperhatikan, Saat Terjebak Angin Puting Beliung

Hal-hal yang Harus Diperhatikan, Saat Terjebak Angin Puting Beliung

Naviri Magazine - Bencana bisa datang dalam berbagai bentuk, dari banjir, gempa bumi, gunung meletus, sampai datangnya angin puting beliung. Seperti yang terjadi di Bogor tempo hari, angin berkekuatan besar tiba-tiba datang dan menghancurkan banyak hal, serta membuat banyak orang kebingungan dan ketakutan.

Bisa jadi, kita sedang berwisata di suatu tempat, dan tiba-tiba muncul bencana angin puting beliung. Apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah hal-hal yang bisa diingat dan diperhatikan, jika sewaktu-waktu terjebak puting beliung.

Jangan berteduh di bawah pohon

Jangan berteduh di bawah pohon ketika cuaca buruk terjadi, atau saat angin puting beliung menerjang. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

"Di tempat wisata juga sama. Lakukan antisipasi. Tidak berteduh di bawah pohon saat angin kencang. Cari tempat yang aman," ujarnya. Segeralah cari tempat berteduh yang jauh dari pohon-pohon besar, apalagi pohon-pohon yang telah berusia tua, karena berisiko tumbang.

Patuhi aturan yang diberikan guide lokal

Jika kamu berwisata dengan menggunakan guide lokal, patuhilah aturan dan ikuti arahan dari pemandu tersebut. Karena para pemandulah yang lebih menguasai medan, dan lebih memahami apa yang harus dilakukan saat terjadi kondisi-kondisi darurat.

Fitri Utami, Co-Founder Caventer, juga menambahkan, "Patuhilah arahan dari guide lokal, atau informasi petugas darurat bencana setempat."

Tetap tenang dan berpikir jernih

Jika kamu sedang berwisata, apalagi sendirian, dan tiba-tiba cuaca buruk melanda, sebaiknya jangan panik dan tetap tenang. "Jika pergi sendiri, tetap tenang dan berpikir jernih. Cari petunjuk arah jalur evakuasi," ujar Fitri.

Dengan bersikap tenang, kamu bisa berpikir jernih untuk mencari solusi dari situasi buruk yang sedang terjadi.

Cari tempat berlindung yang aman

Cuaca yang tidak bisa diprediksi membuatmu harus ekstra hati-hati apabila sedang berwisata. Ketika cuaca buruk atau angin puting beliung tiba-tiba terjadi, kamu sebaiknya segera mencari tempat perlindungan yang aman. Segeralah masuk ke dalam rumah atau bangunan yang kokoh.

Akan lebih baik lagi jika kamu menghindari pohon-pohon besar, dan juga menjauhi arah angin. "Jika badai atau hujan besar, cari tempat berlindung yang aman. Dan menjauh dari arah angin," ujar Fitri.

Berlindunglah di tempat aman yang tersedia, dan tunggu hingga cuaca buruk telah berakhir.

Kenali tanda-tanda angin puting beliung

Sebelum terjadinya bencana, misalnya angin puting beliung, biasanya akan ada tanda-tanda perubahan kondisi alam yang seharusnya bisa kamu kenali sejak dini.

Kondisi akan terjadinya puting beliung sebenarnya bisa diketahui kalau kita teliti. Salah satu hal bisa menjadi pertanda datangnya angin puting beliung adalah cuaca panas yang kamu rasakan tidak seperti hari-hari biasa.

"Cuaca panas tersebut secara tiba-tiba digantikan oleh hujan yang lebat, dan kemungkinan disertai dengan puting beliung," ujar Sutopo.


Related

Tips 4463156442460980553

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item