Mengenal Cara Kerja Busi di Mobil dan Sepeda Motor

 Mengenal Cara Kerja Busi di Mobil dan Sepeda Motor

Naviri Magazine - Busi mungkin kecil dan tak terlihat, karena letaknya memang di bagian mesin mobil atau sepeda motor. Meski begitu, busi memiliki peran penting dalam menjadikan mobil atau sepeda motor dapat berjalan karena mesinnya berfungsi. Tanpa busi, mesin tidak akan hidup, dan artinya kendaraan tidak bisa jalan.

Karenanya, busi bisa dibilang nyawa bagi kendaraan. Ukurannya memang kecil, tapi keberadaan komponen ini pada mesin mobil atau sepeda motor berbahan bakar bensin sangat vital. Tanpa busi, proses pembakaran di silinder mesin mustahil terjadi, tak ada pembakaran, mesin hanya komponen-komponen logam yang statis.

Busi bertugas menyuplai bunga api untuk meledakkan campuran bahan bakar dan udara di silinder mesin. Seperti dijelaskan Howstuffworks, saat piston bergerak turun, campuran udara dan bahan bakar mengalir lewat katup intake. Selanjutnya, campuran tersebut dikompresi oleh piston yang bergerak naik. Saat piston mencapai titik teratas, busi menembakkan bunga api, sehingga terjadilah pembakaran yang menghasilkan tenaga gerak.

Setiap jenis mesin membutuhkan tipe busi berbeda yang dapat mengakomodasi kebutuhan pembakaran. Ada jenis “busi dingin”, memiliki insulator—komponen yang terbuat dari bahan keramik dengan kemampuan menghantarkan panas lebih tinggi. Busi dingin tepat digunakan pada mesin yang punya tenaga besar dan kompresinya tinggi, karena mampu memindahkan lebih banyak uap panas dari mesin.

Namun, jika busi macam ini digunakan pada mesin kecil, justru mengakibatkan ruang bakar terlalu dingin, mengakibatkan bahan bakar tidak terbakar sempurna. Akibatnya banyak residu bahan bakar yang menjelma menjadi kerak di silinder mesin.

Untuk mesin dengan kompresi rendah, cukup menggunakan “busi panas” yang umum digunakan sebagai busi standar pabrikan. Insulator keramik pada busi panas tidak lihai menyerap dan memindahkan panas dari ruang silinder. Dengan begitu, panas mesin bisa dijaga dalam suhu optimal untuk pembakaran.

Baca juga: Di Inggris, Kendaraan yang Nunggak Pajak Tidak Boleh Digunakan

Related

Automotive 7214945590280641865

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item