Di Mesir Kuno, Orang Mati Diberi Buku Panduan Menuju Akhirat

 Di Mesir Kuno, Orang Mati Diberi Buku Panduan Menuju Akhirat

Naviri Magazine - Di zaman Mesir Kuno, ada buku terkenal yang disebut Egyptian Book of the Dead. Buku ini akan diberikan kepada orang Mesir yang mati, sebagai semacam buku pegangan menuju alam akhirat. Karenanya, buku tersebut selalu dimasukkan ke dalam peti mati.

Meskipun buku tersebut kini dianggap sebagai bagian dari sejarah kuno yang aneh, Kitab Kematian Orang Mesir (Egyptian Book of the Dead) pernah dianggap sebagai buku koleksi mantra dan kekuatan paranormal yang kuat, yang pernah diketahui dalam sejarah manusia.

Nama sebenarnya untuk kumpulan tulisan dan mantra ini adalah "The Spells Going Forth by Day". Pada intinya kitab tersebut hanyalah koleksi lagu-lagu, mantra, dan panduan, yang ditempatkan bersama orang yang telah meninggal, untuk membantu mereka melewati lembah kematian menuju tempat keabadian.

Yang paling terkenal dari scroll penguburan ini adalah Papyrus Ani, sebuah dokumen yang disiapkan pada masa dinasti ke-19 Mesir kuno, selama masa periode dinasti baru 1240 SM.

Scroll ini secara istimewa disebut menggambarkan secara akurat dalam gambar magis yang kuat, dan digambar dalam kualitas yang cukup tinggi, namun tulisannya sendiri sering kurang sempurna. Hal ini tidak mengherankan, sebab sebagian besar rakyat Mesir bahkan yang berada pada kelas yang tinggi tidak bisa membaca tapi menghargai pentingnya ilustrasi.

Pada dasarnya, scroll ini bisa dianggap sebagai buku pegangan buat orang mati untuk bertahan hidup di akhirat, dan bukan benda magis atau religius. Diharapkan, orang yang meninggal tersebut dapat mempergunakannya, bukan hanya untuk keuntungan rohnya saja.

Orang yang telah meninggal, jiwanya akan ditimbang oleh Anubis. Dan jika timbangannya lebih ringan daripada sebuah bulu, maka mereka diizinkan untuk melanjutkan ke tempat eksistensi yang ingin mereka capai (Keabadian).

Secara umum, ada 4 variasi utama dari scroll ini, dan ini adalah variasi singkat dari sebuah konsep buku kematian Mesir yang rumit. Buku ini aneh, karena dibuat bukan untuk dibaca oleh orang yang hidup, namun untuk dibaca sebagai panduan oleh orang yang telah mati. Itu sebabnya buku ini diikutsertakan bersama mayat di dalam peti mati.


Related

World's Fact 989690662471033875

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item