Sekarang, Fungsi Ponsel Bukan Untuk Telepon tapi Untuk Foto

Sekarang, Fungsi Ponsel Bukan Untuk Telepon tapi Untuk Foto

Naviri Magazine - Ponsel adalah singkatan telepon seluler. Namanya telepon, tentu tujuan utamanya untuk berkomunikasi jarak jauh alias bertelepon. Kenyataannya, ponsel memang digunakan untuk hal tersebut, ketika pertama kali diciptakan. Yaitu untuk berkomunikasi jarak jauh, tanpa menggunakan kabel sebagaimana telepon rumah.

Namun, seiring perkembangannya, fungsi ponsel terus berkembang, dan fungsi utamanya kini mulai bergeser.

Fabrice Grinda, jutawan asal Perancis yang berinvestasi di Alibaba Group dan Airbnb, menyatakan bahwa ponsel telah menjadi barang paling berpengaruh bagi masyarakat dunia masa kini. “Itulah perangkat utama dalam peningkatan produktivitas,” ujarnya.

Tahun ini, menurut data yang dirilis Statista, produksi smartphone secara global mencapai 1,499 miliar unit. Lebih dari sekadar alat komunikasi, berdasarkan penelitian Pew Research Center pada 2014, pengguna telepon pintar memanfaatkan gawainya untuk berfoto (92%) dan berkirim foto (80%).

Kedua aktivitas itu lebih populer ketimbang berselancar di internet (84%), surat-menyurat elektronik (76 %), mengunduh aplikasi (69%), dan bermain game (64%).

Penelitian Comtech pada 2014 menyebut kualitas kamera merupakan variabel terpenting ketiga ketika konsumen memilih smartphone, setelah jaringan 4G/LTE dan daya tahan.

“Secara umum, konsumen sangat serius menggunakan ponsel pintar mereka sebagai kamera-saku sehari-hari,” tulis Michael Zhang dalam artikelnya, The Importance of Cameras in the Smartphone War.

Sebagai pengingat, maraknya penggunaan kamera smartphone ditandai juga dengan dinobatkannya selfie sebagai kata paling populer pada tahun 2013 oleh kamus Oxford.

Di mana ada keramaian, di situ ada perdebatan. Tak sedikit orang menganggap selfie sebagai aktivitas yang mengganggu, bahkan menjijikkan. Tetapi di sisi lain, menurut direktur Media Psychology Research Center Dr. Pamela Rutledge, selfie adalah ekspresi rasa syukur dan apresiasi seseorang.

Ponsel pintar dan kameranya dibicarakan dalam obrolan warung kopi hingga diskursus akademik. Tak bisa dimungkiri: kini ia punya peran penting dalam kehidupan kita.


Related

Smartphone 3708590331716912369
item