Cara Membersihkan dan Menyehatkan Paru-paru Secara Alami

Cara Membersihkan dan Menyehatkan Paru-paru Secara Alami

Naviri Magazine - Paru-paru adalah organ tubuh yang sangat penting, karena terkait dengan pernapasan. Paru-paru yang baik adalah yang bersih dan sehat, sehingga proses pernapasan senantiasa lancar. Namun, pengaruh asap di jalan raya, atau aktivitas merokok, bisa membuat paru-paru kotor, dan kurang sehat. Dalam kondisi yang lebih buruk, bisa muncul masalah pada paru-paru, semisal kanker.

Jika Anda kebetulan seorang perokok, atau sering menghabiskan waktu di jalan sehingga sering menghirup asap dan polusi, ada baiknya untuk rutin membersihkan paru-paru, agar lebih sehat. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Konsumsi antioksidan

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, baik bagi kesehatan paru-paru. Sebuah riset mengungkapkan bahwa orang yang makan makanan yang banyak memiliki kandungan antioksidan, seperti apel, kurang lebih 5 buah dalam satu minggu, dapat meningkatkan kinerja paru-paru lebih baik, dibanding orang yang jarang makan apel.

Selain apel, masih banyak bahan makanan lain yang baik bagi paru-paru, seperti sayuran brokoli, kol, serta tauge. Sayur-sayuran tersebut memiliki kandungan antioksidan Isothiocyanate yang bermanfaat untuk mengurangi risiko bagi seseorang terkena kanker paru-paru.

Konsumsi kedelai

Kedelai juga sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Menurut penelitian, orang yang rutin mengonsumsi kedelai dapat menstabilkan kinerja paru-paru, serta dapat mengurangi risiko sesak napas.

Hal tersebut karena kedelai memiliki kandungan yang kaya flavonoid, yang berfungsi sebagai anti peradangan. Oleh sebab itu bisa memproteksi paru-paru dari pengaruh tembakau, yang bisa mengakibatkan kanker.

Konsumsi jeruk nipis

Selain berkhasiat untuk kecantikan, jeruk nipis mempunyai khasiat juga untuk membersihkan paru-paru dari zat kimia yang ada pada rokok. Dengan penggunaan alat GC-MS yang lalu dianalisa, ternyata air jeruk nipis bermanfaat mengurangi zat kimia semisal nikotin, sampai 70%.

Bukan cuma menghilangkan zat kimia, perasan air jeruk nipis bisa juga membantu mengurangi kecanduan pada rokok.

Konsumsi jahe

Jahe bersifat antibakteri dan antiseptik, serta dapat membantu saluran bronkial, agar mengurangi zat yang berbahaya dalam paru-paru. Khasiat ini biasanya langsung terlihat apabila diminum seorang perokok, yaitu membuat napas lebih lega.

Konsumsi jeruk Bali

Jeruk bali memiliki kandungan yang kaya antioksidan, yang bermanfaat menghindarkan tubuh dari sel kanker yang tumbuh tak terkendali. Dari hasil penelitian, jeruk bali memiliki kandungan yang kaya vitamin C, sehingga memiliki kemampuan menghambat kinerja enzim yang bisa menyebabkan tumbuhnya sel kanker paru-paru.

Konsumsi bawang putih

Hasil penelitian menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi bawang putih sedikitnya 2 kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker paru-paru hingga 44%.

Bawang putih dikenal memiliki kandungan antioksidan yang bisa menurunkan radikal bebas pada tubuh, serta memiliki kandungan senyawa allicin yang bermanfaat untuk mengurangi inflamasi pada tubuh.

Minum air putih secara teratur

Minum air putih secara rutin dan teratur memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, seperti meningkatkan sistem imun, melancarkan metabolisme pada tubuh, serta mencegah tubuh kekurangan cairan. Selain itu, mengonsumsi air putih sangat berkhasiat mengeluarkan racun yang berasal dari rokok.

Sebaiknya, minum air putih secara teratur minimal 8 gelas atau 2 liter setiap hari, untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Mandi dengan air hangat

Bagi Anda yang perokok, sebaiknya melakukan hal ini, yaitu mandi dengan air hangat. Karena, mandi air hangat bisa membuat rileks dan tenang, apalagi ditambah eucalyptus yang berfungsi membuat dada terasa ringan serta bisa membersihkan paru-paru dari kotoran asap rokok hingga bersih dan hilang secara alami.

Mengonsumsi jus wortel

Selain berfungsi sebagai sayuran, wortel juga memiliki manfaat lain, yaitu membersihkan paru-paru dari kotoran asap rokok dan nikotin. Kandungan wortel memiliki banyak vitamin, antara lain vitamin A yang baik untuk penglihatan.

Mengonsumsi wortel secara teratur juga bisa menghilangkan asap dan nikotin di paru-paru secara cepat dan alami.

Mengonsumsi apel

Apel dapat membersihkan paru-paru dari asap yang disebabkan polusi dan asap rokok. Apel memiliki banyak manfaat, karena kandungan antioksidan dalam buah apel sangat tinggi, dan membantu kinerja paru-paru untuk lebih produktif membersihkan racun.

Selain itu, mengonsumsi apel dapat membantu membersihkan radikal bebas yang terdapat pada paru-paru.

Rajin berolahraga

Setelah mengonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran untuk menghilangkan racun dan kotoran pada paru-paru, alangkah baiknya diimbangi dengan hidup sehat, dengan cara berolah raga secara rutin dan teratur. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh.

Lebih baik lagi Anda berolahraga di pagi hari, di sekitar pohon-pohon seperti taman. Akan bagus untuk paru-paru, karena mendapat udara segar di pagi hari. Dengan berolah raga minimal 3 hari sekali, stamina Anda akan lebih baik.

Baca juga: Matcha dan Teh Hijau, Minuman Sehat yang Kini Jadi Tren Dunia

Related

Health 926554889312090872
item