Ini Penyebab Telur Ayam Bisa Punya Dua Kuning Telur

 Ini Penyebab Telur Ayam Bisa Punya Dua Kuning Telur

Naviri Magazine - Umumnya, telur ayam memiliki satu bagian putih telur, dan satu bagian kuning telur. Bagian kuning telur umumnya ada di tengah bagian putih telur. Karenanya, saat cangkang telur kita pecahkan, lalu digoreng untuk dijadikan telur ceplok, misalnya, kita akan mendapati kuning telur yang dilingkari bagian putih telur.

Namun, kadang-kadang, kita menemukan telur ayam yang aneh. Ketika dipecahkan, telur itu tidak memiliki satu kuning telur, tapi dua. Meski fenomena itu sangat jarang, namun bisa jadi kita pernah mendapatinya. Bagaimana hal semacam itu bisa terjadi?

Sistem reproduksi ayam cukup kompleks. Ketika proses pengembangan telur saat di dalam ayam betina ada yang terlewat, telur bisa keluar dalam bentuk berbeda.

Jadi, anak ayam betina biasanya lahir dengan indung telur yang berisi persediaan telur yang bisa bertahan seumur hidupnya.

Setelah si anak ayam matang secara seksual, ia akan mulai melepaskan kuning telur ke oviduk atau saluran telurnya. Di sana, kuning telur akan dibungkus dengan membran atau selaput berwarna putih, dan juga cangkangnya.

Keseluruhan proses ini biasanya memakan waktu sekitar satu hari. Dan setelah telur dikeluarkan oleh ayam betina, proses pelepasan kuning telur dimulai kembali, terus berulang-ulang, dan si ayam betina terus-menerus bertelur.

Menurut laporan Science Alert, akibat proses yang terjadi terus-menerus inilah, maka sering terjadi kesalahan yang bisa menghasilkan telur dengan bentuk aneh, baik di dalam maupun di luarnya.

Misalnya, pada kasus telur dengan dua kuning, biasanya terjadi akibat dua kuning telur tiba secara bersamaan di oviduk dan cangkang telur membungkus keduanya dalam waktu bersamaan.

Beberapa keanehan lainnya pada telur, misalnya telur dengan cangkang lembut, telur di dalam telur, dan juga telur tanpa cangkang.

Baca juga: Misteri Ayam yang Menghasilkan Telur-telur Monster

Related

Science 2404592892697016986
item